Menebar Asa di Tahun 2022.

 

Selamat pagi Indonesia, salam Pancasila

Kita sudah sampai pada penghujung tahun 2021, dan sebentar lagi memasuki tahun baru 2022. Kita semua berharap bahwa tahun 2022 kita sudah lepas dari ancaman pandemic. Setidaknya dengan tercapainya target vaksinasi Covid-19, dan tetap disipilin melakukan protocol Kesehatan, semua bisa berjalan lancer. Perbaikan ekonomi, Pendidikan dan Kesehatan masyarakat menjadi lebih baik. Ini harapan dengan kalkulasi berdasarkan keberhasilan mengatasi darurat Covid-19. Tentu ada kekurangannya, namun jika kita sadari bersama, maka kekurangan itu akan menjadi cambuk agar kita semakin tekun dan giat dalam bekerja.

Harapan selanjutnya mari kita lihat dari Nawacita dan Visi Indonesia Maju yang menjadi gantungan cita-cita atau target goal, menuju Indonesia Raya. Kita lihat visi Indonesia Maju dan sampai dimana sudah berjalan dan tecapai:

1.      Pertama, pembangunan infrastruktur terus dilanjukan. Kita lihat bersama meski dalam keadaan darurat bencana nasional Covid-19, pembangunan infrastruktur terus berjalan. Kendala yang ada termasuk keterbatasan SDM, dan dana bisa dilalui. Dampak positifnya sudah dirasakan oleh masyarakat.

2.      Kedua, pembangunan sumber daya manusia. Tantangannya sama yaitu pandemic Covid-19, namun upaya Pendidikan terus dutingkatkan. Inovasi pembelajaran terus berjalan, link and match Pendidikan dan pelatihan-pelatihan terus diupayakan

3.      Ketiga, mengundang investasi yang seluas-luasnya dalam rangka membuka lapangan pekerjaan. Kita berhasil mengundang investasi, karena kepercayaan mereka pada pemerintah. Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengatakan jumlah penanaman modal dalam negeri (PMDN) menembus Rp 113,5 triliun atau naik 10,3%. Jumlah itu mencakup 52,4% dari total investasi yang masuk pada kuartal III tahun ini.

4.      Keempat; mereformasi birokrasi kita. Nampaknya point empat ini yang masih harus digarap dengan baik lagi. Reformasi mental pada Birokrasi masih menghadapi tantangan interen dan eksteren. Sumber Daya Birokrasi kita tidak semua siap untuk mengubah sikap mental. Masih takut berbuat benar, adil dan jujur. Dan kalau ada yang berani begitu ternyata akan mendapatkan “musuh” yang banyak.

5.      Kelima, menjamin penggunaan APBN yang focus dan tepas sasaran. Point kelima ini terkendala pada bencana pandemic yang mengharuskan mengubah Haluan dalam menyelamatkan bangsa. Namun demikian harapan tetap tumbuh, dengan catatan orang-orang baik, benar, jujur dan tidak korupsi didukung.sepenuhnya oleh rakyat.

Disamping itu kita masih bisa berharap dengan catatan Visi Nawacita bisa dilaksanakan dengan baik dan didukung oleh masyarakat, yaitu:

1. Menghadirkan negara untuk melindungi segenap warga.

2. Membangun tata kelola pemerintahan yang bersih.

3. Membangun Indonesia dari pinggiran .

4. Menolak negara lemah (penegakan hukum).

5. Meningkatkan kualitas hidup (kualitas pendidikan).

6. Meningkatkan produktivitas dan daya saing.

7. Mewujudkan kemandirian ekonomi.

8. Melakukan revolusi karakter bangsa .

9. Memperteguh kebhinekaan.

 Semoga tahun baru 2022 membawa harapan baru masyarakat menuju Indonesia Maju.

 

Posting Komentar untuk "Menebar Asa di Tahun 2022."