8 Februari, Hari Internet Aman Sedunia.

Selamat pagi Nusantara, salam bahagia sejahtera

Hari Internet Aman Sedunia (Safer Internet Day), diperingat setiap tanggal 8 Februari. Hari Internet Aman Sedunia, dimulai sejak 8 Februari 2004. Hari Internet Aman Sedunia (Safer Internet Day/SID) merupakan hari peringatan yang bertujuan memperingatkan para pengguna internet untuk bereksplorasi di dunia maya dengan aman. Hari Internet Aman Sedunia mengingatkan kepada semua saja agar kita terhindar dari penggunaan internet untuk kejahatan. Dalam memperingati, Lembaga-lembaga di bidang Tehnologi, Informasi dan Komunikasi Bersatu untuk mewujudkan internet ramah anak dan membuat dunia internet yang nyaman bagi semua kalangan pengguna internet.

 

Jaringan internet juga dipergunakan oleh orang-orang yang mencaeri keuntungan pribadi dan berbuat kejahatan (penipuan, pelecehan, dll). Pengguna internet tentu pernah menerima atau setidaknya mendengar adanya tautan yang menawarkan hadiah dan uang dengan nilai tinggi. Tanpa kita ketahui siapa yang mengirim atau yang membuat. Berapa jumlah korban pinjaman on line? Berapa orang yang menjadi korban perkenalan, pertemanan dan perjodohan lewat internet? Berapa kali terjadi konflik social karena provokasi melalui media social? Inilah artinya kita harus waspada dan menyadari tentang pentingnya internet aman.  

 

Kejahatan dunia maya atau internet meningkat pada tahun 2021 lalu. Menurut Cybercrime Magazine, memperkirakan bahwa kejahatan dunia maya (internet) merugikan dunia 10,5 triliun dolar AS, dan merugikan ekonomi global 6,1 triliun dolar AS per tahun. Para penjahat cyber memanfaatkan pandemic Covid-19 untuk meraup keuntungan. Kejahatan lain di internet (dunia maya): pencurian data pribadi, penyebaran hoax, penipuan, eksploitasi perempuan dan anak, dll

 

Untuk itu pada kesempatan Hari Internet Aman Sedunia pihak Gooegle pun memberikan peringatan kepada para pengguna akun. Ada point keamanan yaitu: Login dan Pemulihan, Perangkat Anda, Peristiwa Keamanan Baru-baru ini, Akses Pihak Ketiga, Setelan Gmail, dan Sandi Anda yang Tersimpan. Jika terjadi indikasi masalah keamanan, Google akan memberi tanda seru berwarna kuning di sebelah kiri dan mengajak kamu untuk segera memperbaiki.

 

Memperingati dan menciptakan Internet Aman Sedunia diperlukan kemauan baik setiap orang, dan Lembaga-lembaga dengan kontribusi konkrit. Mempergunakan internet dengan penuh tanggungjawab, etika komunikasi, menghormati pribadi orang lain, tidak merendahkan martabat kemanusiaan. Kita mempergunakan internet untuk kehidupan manusia bermartabat dan beradab.

 

Salam damai sejahtera untuk kita semua.

 

 

 

 

 

 

Posting Komentar untuk "8 Februari, Hari Internet Aman Sedunia."