Banyumas Punya Kampung Pancasila

Bupati Banyumas Achmad Husein (tengah) memimpin Coffee Morning Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Banyumas (foto: Gus Wah)

Banyumas. Swaraarum
. Selasa,  29 Maret 2022, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB)  Kab.  Banyumas diundang Bupati untuk acara "Coffee Morning" bertempat di Pendapa Kabupaten.  Hadir semua perwakilan agama dan kepercayaan (Islam,  Katolik,  Kristen,  Hindu,  Budha, Khong Hu Chu,  dan Penghayat). Bupati didampingi Asisten Kesra dan Kepala Dinas Prasarana Umum.  Agenda yang dibicarakan al : persiapan bulan suci Ramadhan,  Kampung Pancasila dan rencana pelaksanaan Sholad Idul Fitri. Semua elemen agama mendukung penuh pelaksaan bulan puasa.  Akan diadakan doa bersama menjelang masuk bulan puasa dan buka puasa bersama. FKUB akan mendirikan Posko Mudik Lebaran. 

Di luar FKUB,  di Purwokerto ada Komunitas Lintas Iman yang ikut menjaga Sholaf Idul Fitri di masjid, lapangan dan alun-alun.  Kegiatan ini sudah berlangsung tahun ke 7. Tahun ini yang menjadi koordinator dari Budha dan Khong Hu Chu. 

Kabupaten Banyumas membangun 7 rumah ibadah yang disebut Kampung Pancasila.  Gambar dan RAB rumah ibadah sudah siap. Saat berdiskusi ditampilkan gambar 3 demensi.  Masing-masing  elemen agama diminta memberi masukan. Pembangunan ditargetkan selesai sebelum bulan September 2023. Di area Kampung Pancasila juga dibangun kantor FKUB dan pendapa sebagai tempat untuk berkegiatan bersama.  Ke depan Kampung Pancasila akan menjadi tempat wisata religi.


Anggota FKUB Kabupaten Banyumas berfoto bersama setelah Coffee Morning (foto Gus Wah)

Di kompleks yang sama dibangun Menara Pandang Bunga Teratai, dengan ketinggian 14 meter. Di puncak menara akan ditempatkan 7 Kitab Suci.   Direncanakan setiap, Hari Jadi Kab Banyumas akan ada ibadah bersama di menara ini.  Di akhir diskusi,  rombongan FKUB melihat lokasi Kampung Pancasila dan naik ke Menara Pandang.

Selain Kampung Pacasila, di Banyumas ada Desa Sadar Kerukunan.  Tempat ini menjadi simbul dan tanda bahwa kami masyarakat Banyumas yang majemuk mau dan mampu menghidupi sesanti : Beda Ning Rukun (Gus Wah, Wakil Sekretaris FKUB).

 

Posting Komentar untuk "Banyumas Punya Kampung Pancasila "