Berfikir jadi negarawan

Selamat pagi saudaraku se Nusantara, salam sehat sejahtera

Ide penundaan pemilu 2024 rasanya tidak ada hal prinsip yang mendasari. Peraturan dan jadwal penetapan pemilu sudah disepakati tanggal 14 Februari 2024. Agenda sudah terjadwal dan tersusun rapi. Sebaiknya energi kita tidak perlu dihabiskan untuk hal-hal yang kontra pproduktif. Krisis karena pandemic secara pelan namun pasti teratasi dengan baik. Rencana pembangunan dan perpindahan Ibu Kota Negara sudah diundangkan dan pembangunan serta lain-lain juga sudah dijadwalkan. Kiranya keberlanjutan pembangunan dan perpindahan IKN tidak perlu diragukan. Jaminan keberlangsungan tersebut tergantung dari partai-partai lewat fraksi masing-masing yang sudah menyetujui dan mendukung Ibu Kota Negara baru. Sikap kenegarawanan pemimpin-pemimpin partai akan menentukan keberlanjtan tersebut.

Sikap kenegarawanan seperti apa yang diperlukan untuk keberlanjutan dari apa yang ada sekarang ini. Apa yang sudah dirintis oleh Presiden Jokowi dalam rangka pemerataan keadilan, kesejahteraan rakyat dan mencapai Indonesia Maju seperti yang dicita-citakan proklamasi. Salah satunya dari partai-partai pendukung IKN ini berkoalisi dan bermusyarah untuk bersama-sama memilih  sepasang capres/cawapres yang sevisi dan semisi dengan Jokowi dan menjadikannya, untuk melanjutkan pembangungan  yang sudah dirintis. Sifat kenegarawanan lain dituntut dari Ketua-ketua Patrtai untuk berani melepaskan keinginannya maju sebagai calon presiden dan mendukung calon yang telah dipilih bersama.

Memilih calon pemimpin dan menetapkan sudah dibantru oleh Lembaga-lembaga survey, sosok-sosok yang memiliki eelektabilitas. Sekiranya partai melengkapi dengan kriteria-kriteria, seperti: Pancasilais, artinya paham Pancasila sebagai Dasar Negara, Ideologi dan Spiritualitas Bangsa dan mampu mengimplementasikan dalam kepemimpinannya. Bersedia melanjutkan pembangunan yang sudah dirintis oleh pendahulunya untuk sebesar-besarnya kesejahteraan rakyat. Kenegarawanan juga tampak ketika Partai yang melahirkan calon-calon pemimpin bangsa, mendorong dan mendukung kader terbaiknya menjadi pemimpin negara.          

Posting Komentar untuk "Berfikir jadi negarawan"