SELAMAT HARI MUSIK NASIONAL

Salam sehat Nusantara, bahagia sejahtera 

Selamat Hari Musik Nasional. Ya hari ini tanggal 9 Maret merupakan Hari Musik Nasional. Ditetapkan oleh Presiden Bambang Susilo Yudoyono dengan dengan Keputusan Presiden No.10 Tahun 2013. Diambil tanggal 9 Maret karena bertepatan dengan kelahiran W.R.Supratman, 9 Maret 1903, menurut penetapan Pengadilan Negeri Purwarejo Nomor:  04/Pdt/P/2007/PN PWR pada 29  Maret 2007. Kiranya ini menjadi penghargaan yang istimewa bagi W.R.Supratman dan keluarganya. W.R.Supratman adalah violis yang menciptakan lagu Kebangsaan Indonesia Raya.

Penetapan Hari Musik tanggal 9 Maret sudah digagas dan diusulkan sejak 2003 pada pemerintahan Megawati, oleh PAPPRI (Persatuan Artis Pencipta Lgu dan Penata Musik Rekaman Indonesia). Ternyata proses tersebut membutuhkan waktu yang cukup panjang. Sehingga 10 tahun kemudian baru bisa ditetapkan menjadi Hari Musik Nasional.

Musik memang sebuah karya cipta yang istimewa, memiliki fungsi dimensional. Secara singkat music merupakan sebuah ungkapan rasa hati yang diwujudkan dalam sebuah rangkaian nada. Musik bisa menggugah semangat juang pada masa kemerdekaan. Dengan music marsnya pada masa perjuangan dapat menyatukan semangat dan derap Langkah anak bangsa. Lagu Indonesia Raya, Halo-halo Bandung, Maju Tak Gentar, Hari Merdeka dlnya. Musik mengungkapkan cinta dan kasih saying. Musik juga untuk memuji, meluhurkan dan bersykur kepada Tuhan. Dalam Gereja Katolik, music berperan dalam mengembangkan dinamika dan penghayatan iman kekristianian. Perkembangan music juga menjadi ekspresi kritik social.

Musik di Indonesia memiliki keanekaragaman tersendiri. Berkembang musik dan alat-alat musik tradisional ada di sepolosok tanah air. Ada yang sudah go internasional seperti angklung, gamelan, dan kulintang. Kolaborasi musik barat dan timur, tradisional dan modern menjadikan  music punya nilai tersensiri. Taruhlah perpaduan music gamelan dengan drum dan keyboard, campur sari dll.   

Ya begitu istimewanya music, maka ilmu Kesehatan juga mengembangkan dengan terapi musik. Musik menjadikan seseorang rileks, melepaskan kepenatan, menjadikan jiwa tenang. Ketenangan memmbawa ritme kerja organ tubuh bekerja lebih baik.

Mari kita rayakan Hari Musik, dan kita lestarikan serta kembangkan musik-musik kita di Indonesia. Jangan sampai warisan budaya ini lenyap ditelan zaman. Musik kiranya juga menunjukkan keadaban bangsa (swar)   

Posting Komentar untuk "SELAMAT HARI MUSIK NASIONAL"