Jadikanlah Kami Rasul Perdamaian

Komunitas Awam Santo Ignatius "Jadikanlah kami rasul perdamaian.
Utuslah perjuangkan keadilan"

"Jadikanlah kami rasul perdamaian Utuslah perjuangkan keadilan. Satu Tuhan dan satu perutusan Majulah terus kita kan menang". Inilah penggalan dari Mars BRMKY (Bengkel Rohani Mahasiswa Katolik Yogyakarta). Mars itu bergema kembali di tempat ziarah Goa Maria Jatiningsih Sleman. Kiranya mars tersebut masih relevan untuk diteriakkan dan diaktualisasikan pada zaman ini. Dan tema inilah yang menjadi inti ziarek yang dilaksanakan oleh Komunitas Awam Santo Ignatius, tanggal 4-6 November 2022.

KASI (Komunitas Awam Santo Ignatius), adalah sebuah gerakan awam yang merupakan metamorphose dari Bengkel Rohani Mahasiswa Katolik Yogyakarta (BRMKY). Komunitas ini lahir di Yogyakarta, pada saat Pastor Mahasiswa Yogyakarta dijabat oleh Rama Y.Adi Wardaya, SJ. Bersama beberapa mahasiswa UGM waktu itu membentuk sebuah wadah untuk pembinaan mahasiswa katolik di Yogyakarta. Setelah mereka menyelesaikan studinya, tersebar di berbagai wlayah untuk menjalani panggilan hidup masing-masing. Ada yang menjadi dosen, dokter, psikiater, birokrat, pengusaha dll. Tersebarnya panggilan tersebut tidak mengendorkan semangatnya kerasulannya dan tetap menjali persaudaraan.

Komunitas ini terbagi menjadi 2 (dua), Chapter Barat dan ChapterTimur. Gerakan yang dilakukan antara lain ikut serta dalam Gerakan pemberantasan korupsi, anti kekerasan dan pendapingan mahasiswa. Pastor-pastor yang pernah mendampingi dan sampai sekarang masih tetap mendampingi Rama Adi Susanto, SJ; Rama Antonius Sudiarjo, SJ; Rama Istanto, SJ; Rama Baskara Puji Nugraha, SJ dan Rama Maharsana Praba, SJ. Pembagian wilayahnya Chapter Barat terdiri dari Jawa Barat ke barat dan Chapter Timur dari Jawa Tengah ke timur.

Napak tilas di Candi Boko Prambanan Yogyakarta

Ziarek ini dilakukan oleh Chapter Barat ke Yogyakarta dan bertemu bersama dengan Chapter Timur. Acara disusun seperti berikut: Jumat 4 November 2022, Chapter Barat berangkat dari Kolese Gonzaga menuju Yogya, dengan mengunjungi Taman Doa Maria Fatima di Boyolali, Candi Boko dan bermalam di Griyakoe Pakem. Sabtu pagi pukul 09.00 ke Goa Maria Jatiningsih, berdoa dan sarasehan bersama Chapter Barat dan Timur. Makan siang di Iwak Kalen Nanggulan Kulon Progo. Pukul 14.30 rombongan menuju ke Pikgondang, mengunjungi bapak Hani Handoko, sesepuh KASI dan perintis BRMKY, dilanjutkan ke penginapan di Pakem. Pukul 19.00 dilanjutkan dengan refleksi. Minggu 6 November 2022 pagi berangkat ke Vihara Mendut, Watu Putih, Gereja Ayam, Iwak Srowol, Svarga Bumi, Girisonta untuk ziarah ke makam Rama J.Adi Wardoyo, SJ dan Kembali ke Jakarta.

Mars Perutusan BRMKY

Dalam nama Tuhan kami berjuang Di bawah panji-panji salib Kristus. Dengan bimbingan Roh yang Mahakudus Hanya demi kemuliaan Bapa Jadikanlah kami rasul perdamaian Utuslah wartakan keselamatan Satu Tuhan dan satu perutusan Hiduplah hidup Kristus Rajaku

Kami berjanji setia pada-Mu Siap melaksanakan kehendak-Mu Meskipun diri kami taruhannya Kami kurbankan dengan sukarela Jadikanlah kami rasul perdamaian Utuslah perjuangkan keadilan Satu Tuhan dan satu perutusan Majulah terus kita kan menang.  https://www.youtube.com/watch?v=Pta5RamrNr0

  

Posting Komentar untuk "Jadikanlah Kami Rasul Perdamaian"