KAUM MUDA KATOLIK MERAJUT KEBHINEKAAN INDONESIA

Timpel Kerasulan dan Kemasyarakatan dengan Ikatan Pelajar Katolik Temanggung
Minggu 19 Maret 2023

Minggu, 19 Maret 2023, Ikatan Pelajar Katolik Temanggung (IPKT) Paroki Santo Petrus dan Paulus sebagai pelaksana telah menyelenggarakan kegiatan dialog dengan narasumber Rm. Dr. Martinus Joko Lelono, PR pukul 09.30 WIB di Balai Keluarga Gereja dengan judul “KAUM MUDA KATOLIK MERAJUT KEBHINEKAAN INDONESIA”. Kegiatan tersebut merupakan hasil kolaborasi antara Timpel Kerasulan dan Kemasyarakatan dengan IPKT dan berhasil menyerap 50 peserta yang terdiri dari siswa-siswi SMA/SMK Katolik.

Era Revolusi Industri (RI) 5.0 merupakan sebuah sinergi tentang peradaban manusia dan teknologi yang harus bisa bersandingan tanpa harus ada unsur yang merugikan, pungkas Rm Joko Lelono. Kegiatan tersebut mengangkat keresahan-keresahan yang terjadi pada lingkungan masyarakat lebih-lebih dirasakan oleh kaum muda yang disertai dengan solusi konkret. Sejatinya hidup bermasyarakat damai dan nyaman merupakan cita-cita dari kehidupan berbangsa meski dengan berbagai keunikan tiap individu dan budayanya. Kaum muda yang digadang-gadang sebagai penerus bangsa, semestinya mulai menyadari arti penting kehadiran mereka dalam hidup bermasyarakat. Panitia pelaksana optimis bahwa kaum muda khususnya pelajar mampu berkontribusi dalam perubahan serta perbaikan bangsa.

Dialog ini diharapkan menciptakan gagasan-gagasan baru yang berasal dari lingkup pelajar katolik yang sering dianggap minoritas, juga membuka pola pikir kolaborasi antar elemen dalam solusi perbaikan bangsa utamanya terhadap kehidupan pelajar. Sebagai pelajar katolik, hendaknya berani menunjukkan jiwa katolik dan berani bermasyarakat luas dengan menularkan semangat cinta tanah air secara konkret. Dialog kebangsaan ini membuat semakin tergugah untuk kesadaran berbangsa dan juga semoga para pemuda tidak hanya OMK tetapi juga seluruh kalangan muda diseluruh Indonesia mampu untuk mempertahankan kedamaian di negeri ini, tutur Stevan (SMA 2 Temanggung). Ungkap Cantika (SMA 1 Temanggung) menambahkan bahwa jangan sampai sebagai kaum muda katolik menjadi pemecah belah keberagaman karena adanya perbedaan.

Rama Martinus Joko Lelono, Pr ditengah-tengah pelajar Katolik Temanggung 

Paulina Liana Arta Susila sebagai ketua panitia mengapresiasi semangat kaum muda sekaligus berharap besar terhadap kaum muda agar semakin bangga menjadi bagian dari Indonesia, selain itu kaum muda juga sebenarnya wajib ikut ambil bagian dalam pembangunan masyarakat juga membawa terang bukan hanya untuk sesama katolik namun terlebih untuk Indonesia. Dialog tersebut terlaksana dengan lancar dan penuh antusias dari peserta. Semoga dengan terjadinya kegiatan ini dapat mewujudkan harapan-harapan yang mendasari diadakannya kegiatan ini dengan tokoh penggerak utamanya adalah kaum muda gereja.

Posting Komentar untuk "KAUM MUDA KATOLIK MERAJUT KEBHINEKAAN INDONESIA"