KUNJUNGAN PERSAUDARAAN, MEMBANGUN PERADABAN KASIH

 

Rama Ag.Suryo Nugroho, Pr (kiri) menyerahkan buku Frateli Tutti kepada Pemuka Umat Hindu di Pura Eka Dharma Gonjen Taman Tirta Kasihan Bantul. (Foto: dokhak)

Dalam rangka mewujudkan cita-cita Gereja Keuskupan Agung Semarang yang semakin relevan dan signifikan, Komisi HAK (Hubungan Antar Agama dan Kepercayaan) Kevikepan Yogyakarta Barat mengadakan kunjungan persaudaraan. Kunjungan ini bertujuan untuk membangun persaudaraan dan mengawali kerjasama dengan berbagai tokoh agama dan kepercayaan, Pengurus Komisi HAK Kevikepan Yoyjakarta Barat, dipimpin langsung oleh Rm.Agustinus Suryo Nugroho Pr selaku Ketua Komisi HAK, antara lain berkunjung:

  1. Jemaat Muslim Ahmadiyah cabang Sleman, yang bertempat di Mushola Attohir Jl. Gurameh Minomartani pada Jumat siang tgl 29 Oktober 2021 sesudah sholat Jumat.
  2. Ke Kantor Kemenag Kab.Sleman diterima Bpk.H.Sidig Pramono, S.Ag, M.Si selaku kepala Kankemenag Kab Sleman pada hari Jumat 5 November 2021.
  3. Umat Hindu dengan bertemu para pengurus Pura Eka Dharma Gonjen Taman Tirto Kasihan Bantul pada Selasa 16 November jam 13.00
  4. Umat Budha dengan berkunjung ke Vihara Giriloka, Gunung Kelir, Jatimulyo Kulon Progo pada Minggu, 21 November 2021 jam 10.00 WIB.
  5. Jemaat Penghayat Kepercayaan dengan bertemu para pengurus Paguyuban Penghayat Eklasing Budi Murko di Gunung Gempal Giri Peni Wates Kulon Progo pada Minggu 28 November 2021 jam 10.00.

Bersama dengan Penghayat Kepercayaan 
Eklasing Budi Murko di Gunung Gempal Giri Peni Wates Kulon Progo

Melalui serangkaian kunjungan ini Komisi HAK Kevikepan  Yoyakarta Barat bermaksud memperkenalkan diri kepada komunitas-komunitas umat beragama dan kepercayaan yang ada di wilayah Kevikepan Yogyakarta Barat, sekaligus membuka pintu silaturahmi dan kerjasama antar agama dan kepercayaan.

Selama kunjungan selain diikuti para Pengurus Harian Komisi HAK Kevikepan Yogyakarta  Barat, juga menggandeng para pengurus HAK Paroki terdekat,  dengan jemaat/komunitas yang dikunjungi, yaitu: Timja HAK Paroki Minomartani, Timja HAK Paroki Banteng, Timja HAK Paroki Sedayu, Timja HAK Paroki Bantul, Timja HAK Paroki Ganjuran, Timja HAK Paroki Adm.Bonoharjo, Timja HAK Paroki Nanggulan, Timja HAK Stasi Pelem Dukuh. Kecuali itu mengajak juga perwakilan Wanita Katolik RI setempat, serta Frater-Frater dari Seminari Kentungan.

Kepala Kantor Kemenag Sleman Bpk.H.Sidig Pramono, S.Ag, M.Si, didamping Penyelenggara Katolik Bpk.CB.Mulyadi, SS (no.4 dari kiri) menerima kunjungan Komisi HAK Kevikepan Yogyakarta Barat
yang dipimpin oleh Rama Ag.Suryo Nugroho, Pr (no.3 dari kiri).
Foto; dokhak 

Dalam kunjungan tersebut, Komisi HAK Kevikepan Yogyakarta Barat menyerahkan buku Fratelli Tuti sebagai buah tangan. Harapannya setelah kunjungan ini para pengurus HAK paroki setempat melanjutkan silaturahmi dan kerjasama dengan masyarakat dari agama dan kepercayaan tersebut. Dengan cara ini, semoga persaudaraan sejati dan peradaban kasih dapat terwujud.

(Narsu; M.Dwi Ismarwanto)

Posting Komentar untuk "KUNJUNGAN PERSAUDARAAN, MEMBANGUN PERADABAN KASIH"