NATARU DENGAN TATANAN HIDUP BARU

Selamat pagi selamat bahagia

Natal dan Tahun Baru tidak bisa dipisahkan.  Ibarat sebuah siklus kehidupan. Setelah menjalani kehidupan satu tahun, diakhir bulan menjadi sebuah moment untuk merefleksi hidup selama satu tahun. Akhir tahun menjadi moment untuk monev (monitoring dan evaluasi) hidup, diri sendiri, keluarga, atau kelompok.  Mekanisme ini sudah mentradisi.

Bank-bank di akhir tahun menjalani tutup buku, membuat neraca, dan melihat perjalanannya selama setahun dan membuat rancangan ke depan dengan tatanan baru. Demikian pula lembaga-lembaga Negara dan masyarakat mengikuti  tradisi itu. Pada umumnya membuat raker (rapat kerja), yang kesemuanya itu dilakukan agar hari esok lebih baik dari hari ini. Pekan besok lebih baik dari pecan ini, daan sweterusnya. Hidup kita sebagai pribadi juga demikian, mengikuti irama dan sikulsnya masing-masing, tetapi yang pasti adalah sama, hari esok harus menjadi lebih baik

Kondisi saat ini masih dibayangi oleh sebaran Covid-19 dengan varian-variannya. Kecuali itu masih juga dibayangi dengan pola-pola hidup yang dilandasi oleh keirian, kedengkian, ketamakan, nafsu kuasa, egoisme, mencapai tujuan dengan menghalalkan cara dan seterusnya. Semoga hal-hal ini bisa ditinggalkan dan menuju hidup baru dengan hati penuh rasa syukur dan kasih.

Mari kita sambut Nataru dalam kehidupan baru yang lebih baik, lebih berkualitas, lebih bermakna dan bermanfaat bagi kelangsungan serta kelestarian kehidupan. Dengan demikian kehidupan ini akan terbangun kasih persaudaraan dan budaya kehidupan.

Kita songsong dunia baru dan kehidupan baru dalam damai sejahtera

Selamat Hari Natal 2021 dan Tahun Baaru 2022.

Posting Komentar untuk " NATARU DENGAN TATANAN HIDUP BARU"