PELANGI PAGI

 

Selamat pagi dan salam bahagia

Tangal 9 Desember merupakan Hari Anti Korupsi Sedunia. Tahun 2021 ini Hari Anti Korupsi Sedunia di Indonesia mengusung tema "Hak Anda, Peran Anda: Katakan Tidak Pada Korupsi" Hari Anti Korupsi Sedunia mengingatkan kepada kita semua bahwa korupsi harus diberantas. Karena korupsi telah merugikan negara dan masyarakat. Korupsi merampas milik pihak lain dengan beraneka cara. Korupsi menjadi masalah internasional, karena dengan korupsi merusak demokrasi dan menghambat pembangunan di berbagai bidang kehidupan. Korupsi yang berlebihan dan tak terkendali akan mengakibatkan terganggunya stabilitas pemerintahan.

Indeks Persepsi Korupsi tahun 2020, yang dibuat Transparency Internasional, menempatkan Denmark dan Selandia Baru sebagai negara terbersih dari korupsi. Dua negara tersebut mempunyai skor sama 88, dari skala 0 – 100. Nilai skor mendekati angka 100, berarti semakin bersih dari korupsi, sedangkan semakin mendekati angka 0, korupsi semakin tinggi di sebuah negara.

Indonesia IPK (Indeks Persepsi Korupsi)-nya pada nilai 37, peringkat 5 di ASEAN, setelah Singapura IPK 85, Brunai Darusalam IPK 60, Malaysia IPK 51, Timor Leste IPK 40 dan Indonesia IPK 37. Dari 180 negara, Indonesia ada pada peringkat 102. Sepulih negara terbersih dari korupsi: Denmark IPK 88, Selandia Baru IPK 88, Firlandia IPK 85, Singapura IPK 85, Swedia IPK 85, Swiss IPK 85, Norwegia IPK 84, Belanda IPK 82, Jerman IPK 80, Luxembourg IPK 80.

Mau apa dengan tema Hari Anti Korupsi kita “Hak Anda, Peran Anda: Katakan Tidak Pada Korupsi”. Ingatan kita pasti akan mundur kebelakang saat slogan Katakan Tidak Pada Korupsi, namun kenyataannya figure yang dipasang besar dan bertebaran dimana-mana, justru terjerat korupsi. Artinya tema Hari Anti Korupsi saat ini juga jangan hanya slogan dan retorika saja, namun realitasnya nihil.

Tema itu akhirnya berpulang kepada kita sebagai warga negara yang mencintai negeri ini. Peran kita untuk tidak korupsi. Hal ini juga sebagai bentuk revolusi mental. Dimulai dari setiap warga negara untuk tidak melakukan korupsi. Dari keluarga, anak-anak dididik untuk tertip dan disiplin dalam segala hal. Salah satu contoh misalnya: menyuruh anak-anak belanja atau membelikan apa, harus jelas: uangnya berapa, membeli apa, harganya berapa dan pengembaliannya berapa? Orang tua yang putra-putrinya sekolah di luar kota, mesti control pengiriman uang untuk putra-putrinya. Permintaan transfer uang hendaknya dipertimbangkan dengan baik, bukan asal memenuhi permintaan. Dalam Lembaga pemerintahan yang melayani masyarakat, sebaiknya juga mempertimbangkan dan melihat proposal-proposal dari masyarakat dengan baik dan teliti.

“Hak Anda, Peran Anda: Katakan Tidak Pada Korupsi”

 

 

Posting Komentar untuk "PELANGI PAGI"