Selamat Hari Ibu

 

Selamat Hari Ibu dan salam bahagia

Ada Hari Ibu. Hari untuk mengingatkan kepada kita agar selalu ingat bahwa ibulah pengasuh kehidupan. Bukan sekedar mengandung, tempat untuk berkembangnya janin  menjadi manusia baru. Bukan hanya karena membesarkan dengan air susu, meyuapi, memandikan dlnya, Namun semua yang dilakukan itu dalam rangka memelihara kehidupan, melestarikan kehidupan dan alam ciptaan. Hidup dan kehidupan yang lebih baik lebih banyak terletak pada ibu. Maka ada pepatah kalau mau mendidik bangsa ya didiklah perempuan.

Peringatan Hari Ibu diselenggarakan baik formal seremonial maupun dengan acara-acara non formal, menjadi sarana ungkapan kegembiraan dan kebahagian ibu-ibu. Ada yang bersifat reflektif, seremonial dan kegembiraan. Melepas dari rutinitas kerja domestik.

Peringatan Hari Ibu mestinya diperluas menjadi Hari Perempuan, sehingga masyarakat diingatkan bahwa kaum ibu itu berasal dari kaum perempuan (yang masih muda). Perempuan-perempuan juga perlu mendapat perhatian yang lebih baik, karena dari mereka akan muncul ibu-ibu pemelihara kehidupan.

Sayang sekali, saat ini kaum perempuan tidak mendapat tempat yang aman dan untuk tumbuh berkembang yang nantinya menjadi ibu-ibu pemelihara dan perawat kehidupan. Perlindungan terhadap kaum perempuan dan anak-anak masih jauh sekam dari api. Kekerasan. eksploitasi dan diskriminasi terhadap perempuan masih marak.

Semoga ke depan semakin mendapat tempat dan perhatian.  

Posting Komentar untuk "Selamat Hari Ibu"