4 Februari 1789, G.Washington terpilih sebagai Presiden I Amerika

 

Selamat pagi Nusantara, salam bahagia sejahtera

Lahir pada 22 Februari 1732, di Popes Creek Westmoreland Country Virginia, dari pasangan Augustine dan May Ball Washington. Seorang jenderal, salah satu Bapak Pendiri Amerika. Ia terpilih menjadi presiden pertama Amerika oleh panitia pemilihan presiden dan wakil presiden. Memimpin Amerika selama 1789 sd 1797 (8 tahun). Karena perjuangan, kepemimpinan dan keberhasilannya memerdekakan Amerika, maka diberi gelar Bapak Bangsa.

G.Washington sejak kecil berpindah-pindah. Dari Kawasan Tidewater, ke Popes Creek, setelah tiga tahun pindah ke perkebeunan Epsewasson, di tepi sungai Potomac, tiga tahun kemudian pindah di Ferry Farm dekat Fredericksburg. Geeorge dikenal seorang jujur, ulet, kepemimpinannya baik dan disenangi. Saat perang revolusi, George W dikirim sebagai utusan ke Konggres Kontinental, dan secara bulat terpilih sebagai panglima tertinggi Angkatan Darat Kontinental. Ia berhasil memperoleh kemenangan dalam pengepungan Yorktown dan mengakhiri perang. Tahun 1783, setelah kemenangannya itu ia mengundurkan diri sebagai panglima tertinggi. Masa jabatannya sebagai presiden telah meninggalkan berbagai kebiasaan yang masih dilanjutkan oleh presiden-presiden berikutnya. Pidato Perpisahan George W dianggap sebagai salah satu pernyataan yang paling berpengaruh perihal republikanisme.

George W lahir dan besar di sebuah masyarakat yang terbiasa dengan tenaga budak. Ia juga memiliki banyak budak, namun semakin lama ia terganggu dengan kelompok-kelompok perbudakan, kemudian ia membebaskan budak-budaknya. Saat menjadi presiden ia menyerukan toleransai terhadap semua agama.

Setelah kematiannya, George W dikenang oleh bangsanya dengan berbagai bentuk dan cara. Ada monument, karya seni, nama tempat, perangko dan mata uang. Salah satu bentuk penghargaan yang sampai sekarang masih berlanjut adalah Universitas Georgr Washington. Universitas ini terletak di Washington DC Amerika Serikat. Didirikan berdasarkan Undang-undang Konggres pada 9 Februari 1821, sebagai Perguruan Tinggi Columbia di Distrck of Colombia. Menjadi universitas yang dikenal dengan program-program Hubungan Internasional, Ilmju Politik, Hukum dan Pengobatan. Universitas ini memiliki moto “Deus Nobis Feducia” (Tuhan dalam keyakinan kita). Tahun 2010 memiliki dana abadi 1.143 miliar dolar AS, staf akademik 2.062 orang, dengan jumlah mahasiswa 24.531 mahasiswa, 10.813 sarjana dan 13.718 magister.

Sebagai bangsa, sudahkah kita memberikan penghormatan dan penghargaan yang pantas kepada para pahlawan dan bapak-ibu bangsa? Atau kita akan tetap  berebut sendiri, saling menjegal, dan merusakkan negeri warisan bapak-ibu pendiri bangsa?

Jaga negeri, bagimu jiwa raga kami.

 

 

 

 

1 komentar untuk "4 Februari 1789, G.Washington terpilih sebagai Presiden I Amerika"

  1. Saya bersyukur dan beruntung telah mengunjungi tempat kediamam beliau di tepi sungai Potomac di th 2014 dan pernah nyantrik di George Town University dan tinggal selama 6 bulan di Washington DC.

    BalasHapus