International for Standardization Organization (ISO).

 

Selamat pagi Nusantara, salam bahagia sejahtera

ISO (International  for Standardization Organization ) merupakan organisasi yang menetapkan standar internasional yang terdiri dari wakil-wakil badan standaridisasi setiap negara. Berdiri pada 23 Februari 1947. ISO menetapkan standar-standar industrial dan komersial dunia. Merupakan lembaga nirlaba internasional, membuat dan memperkenalkan standardisasi internasional untuk apa saja. Kita bisa melihat contoh-contoh produk yang sudah berstandar internasional seperti film fotografi dan kameranya (standar kecepatan rana, kepekaan menangkaap cahaya), Kartu ATM, SIM Card (kartu teelepon) dll.  

 

ISO juga membuuat standardisasi system manajemen untuk pengukuran mutu organaisasi. Ini memegang peranan penting dalam mengujkur bagaimana kredibilitas suatu perusahaan yang akan bersaing secara internasional. Kecuali tiu juga sebagai salah satu cara untuk meningkatkan mutu system manajemen. Bagi perusahaan-perusahaan yang memiliki sertifikasi ISO, akan memiliki peluang lebih untuk memenangkan kompetisi di pasar global. ISO merupakan jaminan kualitas produk atau jasa yang ditawarkan, dan kepercayaan konsumen.

 

Manfaat dan keuntungan perusahaan yang memiliki ISO: perusahaan terdaftar di Lembaga sertifikasi internasional dan diaudit secara berkala; dipercaya oleh konsumen; meningkatkan etos kerja karena termotivasi mempertahankan mutu dan kualitas produk, sekaligus mempertahankan sertifikat ISO; bisa menjadi pedoman kerja karena system yang baku; dan tentu masih ada manfaat lain bagi perusahaan maupun konsumen.

Sebagai konsumen, masyarakat akan menaruh kepercayaan terhadap produk-produk yang memiliki sertifikat ISO. Untuk produk-produk makanan dijamin kesehatannya, gisinya, kebersihannya dll. Untuk barang-barang yang berupa alat-alat rumah tangga, mesin, barang-barang elektronik dll. Juga akan terjamin kualitas barangnya, keamanannya, dan fungsi kegunaannya. Sampai saat ini ISO telah menetapkan lebih dari 16.500 standar. ISO menghubungkan 157 lembaga standar nasional dari selulurh dunia. Lembaga ini berpusat di Jenewa Swis.

Bagi masyarakat kiranya tidak perlu ragu lagi mempergunakan alat dan mengkonsumsi produk ber-ISO, karena jaminan keamanan, mutu, kesehatan dan lainnya (swaraarum).

 

.

 

 

.


Posting Komentar untuk "International for Standardization Organization (ISO)."