Satukan energi untuk Indonesia Raya

Selamat pagi, salam seroja

Presiden Jokowi bersama para Menteri dan Gubernur kemah bersama di titik nol Ibu Kota Negara, di Penajem Paser Utara. Dari titik nol ini diselenggarakan doa bersama dengan ritus adat Nusantara. Dari ritus ini kentara ada gambaran bahwa Nusantara kaya akan budaya religious yang menjadi spiritualitas bangsa. Spiritualitas itu menyatu dalam sila Ketuhanan yang Maha Esa. Dalam irtus brsama ini dapat dilihat betapa kekuatan doa dan kekuatan spiritualitas bangsa yang menyangga dan menginspirasi hidup bermasyrakat, berbangsa dan bernegara. Energi rohani terkumpul dan terpusat tadi malam. Kedua pengumpulan tanah dan air bersejarah dari daerah propinsi yang disatukan dalam kendi, juga menunjukkan kekuatan sumber energi jasmani yang menjadi sumber hidup segala makhluk. Energi rohani dan energi jasmani disatukan yang akan menjadi daya untuk kesejahteraan rakyat dan Bangsa Indonesia ke depan.

Kiranya kemah ini juga menjadi sarana dan penyadaran bagi para pejabat pemerintah daerah dan pejabat pemerintah pusat, serta masyarakat betapa pentingnya menyatukan energi rohani (spiritualitas) dan energi jasmani (sumber daya alam), bagi Indonesia Jaya. Menyatukan dalam pemikiran tersebut, kiranya kita tidak perlu ragu-ragu menaruh harapan sekaligus mendukung kesatuan dan persatuan tersebut. Malam tadi kita bisa melihat satu kesatuan cipta, rasa dan karsa.

Mari kita satukan pnndangan bahwa Jokowi ibarat Nabi Musa yang memimpin umat untuk bebas dari penjajahan, menuju ke kemerdekaan dan tanah terjanji yaitu Nusantara yang banyak kolam susu, madu dan segala sesuatu yang akan menghidupi bangsanya.

Mari kita satukan energi rohani dan daya insnasi, untuk Indonesia Raya.

Posting Komentar untuk "Satukan energi untuk Indonesia Raya"