Pameran lukisan Kelompok Ratu.

GKR.Mangkubumi (no.2 dari kanan), mengamati sebuah lukisan yang dipamerkan,
setelah membuka pameran

Bertempat di Benada Coffee, Resto dan Homestay, Sabtu 9 April 2022, pukul 16.00 dibuka  pameran lukisan dari Kelompok Ratu. Kelompok Ratu adalah sekelompok perupa perempuan yang beranggautakan: Anna Sungkar, Tini Jameen, Nugra Kristi, Watie Respati, dan Retno Anjarwati sekaligus sebagai koordinatornya. Pameran dibuka oleh GKR.Mangkubumi, putri Sultan Hamengku BUwana X. Pameran lukisan Kelompok Ratu akan berlangsung dari Sabtu 9 April 2022 sampai 24 April 2022, dengan tema: Back to Women.

DR. Anna Sungkar MA, adalah pelukis dari Jakarta, sangat senang bisa terlibat dalam pameran ini, sering menjadi kurator  dan aktif berpameran. Memperoleh gelar master dari IKJ dan Doktor ISI Surakarta. Sedangkan Tini Jameen alumnus ISI Jogja, menyambut baik pameran ini terutama sebagai ajang memperkenalkan kepada pecinta seni. Nugra Kristi Ssn. yang tinggal di Gunung Kidul menyatakan “makin banyak art space  maka akan semakin banyak kesempatan berkembang dan memperluas jaringan”. Hal senada juga disampaikan Wati Respatie salah satu perupa produktif yang menyelesaikan pendidikan seni di SSRI.  Senang bisa terlibat pameran Kelompok Ratu, mengapresiasi dan bisa menyatukan langkah dalam berkesenian. Selaku koordinator Kelompok Ratu, Retno Anjarwati menyatakan bahwa pameran back toh woman adalah apresiasi terhadap hasil karya perupa wanita yang terdiri dari beragam profesi namun tetap berkesenian

GKR.Mangkubumi (kanan) menerima cinderamata sebuah lukisan dari Retno Anjarwati (kiri)

Sebelum acara pembukaan, didahului dengan performance pembacaan puisi oleh Retno Anjarwati dan Watie Respati, kemudian dilanutkan dengan testimoni dari masing-masing peserta mengenai proses berkesenian mereka. GKR Mangkubumi sangat mengapresiasi dengan pameran ini dan mendorong para perempuan perupa untuk tetap bersemangat dalam berkarya. Dalam kesempatan ini juga hadir Kepala Musium Basuki Abdulah dan Musium Proklamasi.

GKR.Mangkubumi (no.3 dari kiri) bersama para perempuan perupa.

Danik selaku owner Benada  Coffee, Resto dan Homestay merasa senang adanya pameran ini. Pameran ini merupakan kerjasama dengan Tri Matra Art & Culture. Dengan tema  back to woman, sebenarnya sebagai upaya merespon bulan Kartini yang identik dengan perjuangan kaum wanita dalam segala hal. Ada sekitar 10 karya yang dipajang dengan ukuran rata-rata  70-150 Cm. Beragam gaya dan keunikan lukisan layak untuk diapresiasi.

 

Posting Komentar untuk "Pameran lukisan Kelompok Ratu."