Pakta Integritas

Selamat pagi, salam sejahtera bagi kita semua

Viral dari DPRD Provinsi DIY, Penandatanganan Pakta Integritas Anggota DPRD DIY untuk memegang komitmen pada Pancasila. Penandatanganan Pakta Integritas ini, dibuat pada audiensi elemen-elemen masyarakat, yang menanggapi adanya demo pembacaaan tuntutan kepada pemerintah untuk menyelesaikan permasalahan Negara dan masyarakat dengan ideology selain Pancasila. Peristiwa Penandatanganan Pakta Integritas ditandai sebagai yang pertama di Indonesia. Yogya Istimewa, benar. Sebelumnya DPRD DIY juga merupakan yang pertama membuat Perda Pendidikan Pancasila dan Kebangsaan. Perda tersebut saat ini sedang dala proses tindak lanjut untuk diimplementasikan, dengan peraturanb turunannya.   

Penandantanganan Pakta Integritas untuk memegang teguh kesetiaan pada Pancasila dan NKRI memang diperlukan pada saat ini, bagi para pengemban kebijakan dan pelayan masyarakat. Bagi para ASN sebelumnya sudah dibuat oleh Gubernur Jawa Tengah beberapa waktu sebelumnya, belum disusul oleh Gubernur lain atau pemimpin masyarakat yang lain. Dalam pengarahannya Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan enteng mengatakan, bagi ASN yang tidak bersedia menandatangani Pakata Integritas dan tetap berpegang pada ideology selain Pancasila, dipersilahkan mengundurkan diri, dan Gubernur akan mendatangani persetujuan surat pengunduran  diri sebagai ASN atau Abdi Negara.

Kiranya kedua peristiwa ini menjadi penting dan menginspirasi bagi yang lain, sehingga memperkuat rasa kebangsaan dan persatuan nasional. Hal ini juga membuat masyarakat tidak ragu-ragu lagi untuk memiloih dan mendukiung beliau-beliau menjadi pemimpin dan wakil-waklinya. Diperlukan pemimpin dan wakil-wakil rakyat yang memiliki integritas, setia kepada Pancasila dan NKRI serta mengemban amanat rakyat mencapai cita-cita masyarakat berkeadilan, sejahtera dan bermartabat.

Salam, bersama kita membangun kesejahteraan umum.

 

Posting Komentar untuk "Pakta Integritas"