Kembali Bekerja

Selamat pagi Nusantara, salam damai sejahtera

Lebaran sudah selesai, kembali kepada pekerjaan masing-masing. Meski sudah ada waktu libur yang cukup, namun mundur dari masuk pada waktu yang sudah ditentukan tetap ada. Alasannya macam-macam, meskipun ada juga instansi yang tegas supaya membuat pernyataan-pernyataan tertentu.  Dari gegap gempita menyambut hari raya, tidak terbersit dari masyarakat yang menyoalkan harga-harga atau kesuloitan lain. Bahkan soal kemacetan lalu lintas sudah tidak separah sebelumnya, karena meski padat kendaraan, masih juga bisa diurai dengan jalan-jalan alternative. Untung di hari pertama kembali masuk kerja, bank-bank sudah siap, sehingga luapan pengantri di bank-bank tetap bisa dilayani. Maklum bank-bank libur sejak tanggal 1 Mei, dan masuk 9 Mei mulai melayani.

Gegap gempita lebaran juga menutup hari-hari besar lain di hari dan tanggal bersamaan. Tanggal 1 Mei yang merupakan Hari Buruh, juga sepi peringatan, biasanya Hari Buruh diperingati dengan demo para buruh untuk menuntut perbaikan kesejahteraan. Bisa diasumsikan kemarin tunjangan hari raya untuk pada pekerja juga lancar-lancar saja. Tanggal 1 Mei juga diperingati Hari Pembebasan Irian Barat, Tanggal 2 Mei hari Pendidikan Nasional. Tanggal 5 Mei Hari Lembaga Sosial Desa dan Hari Bidan Internasional.

Meski pembebasan Irian Barat sudah cukup lama, namun sampai sekarang masih ada persoalan-persoalan yang belum selesai.  Salah satu penyebab antara lain pembangunan yang belum merata. Meski sudah dikejar dengan pembangunan dan pengembalian asset-aset Negara yang dikuasai modal asing, namun belum menjadikan masyarakat di sana aman dan sejahtera. Keamanan masyarakat masih menjadi keprihatinan. Pendekatan kebudayaan kiranya akan lebih bisa masuk untuk mensejahterakan. Baik juga kiranya disertakan orang-orang yang belajar Etnologi, sehingga tahu bagaimana kultur mereka. Sehingga dating tidak membawa kultur kita yang tidak mudah diterima.

Salam seroja. Bersama membangun kesejahteraan umum

  

Posting Komentar untuk "Kembali Bekerja"