Kenduri Lintas Iman di Ganjuran

Terdengar suara angin bertiup dan lambaian pohon cemara yang memberikan kesejukan saat ratusan umat lintas iman berkumpul di pelataran candi HKTY Ganjuran. Sungguh terasa indah (foto: Totok Dwi)

 


Rama Raymundus Sugihartanto PR bersama panitia Prosesi Agung Ganjuran 2022 telah menggelar kenduri lintas iman bersama masyarakat sekitar gereja Ganjuran pada hari Kamis, 23 Juni 2022 mulai pukul 16.00 WIB bertempat di pelataran candi HKTY Ganjuran. Dalam acara ini, hadir sekitar 250 orang. Dengan berbondong-bondong masyarakat pedukuhan Gedogan Kaligondang Sumbermulyo Bambanglipuro Bantul menghadiri acara ini.  Juga hadir para tokoh umat katolik dari 54 lingkungan dan 12 Wilayah yang ada di paroki Ganjuran serta beberapa umat dari berbagai agama baik Islam, Kristen, Hindu, Budha, Kong Hu Chu, Katolik maupun  Kepercayaan Kepada Tuhan Yang Maha Esa.  Dalam pelaksanaan Kenduri ini, dihadiri oleh Bupati Bantul yang diwakili Bp. Stefanus Heru Wismantara Kepala Kesbangpol Kab Bantul, Bp. Roy Robert Edison Bonai, AP,.MM. selaku Panewu Kapanewon Bambanglipuro, Kapolsek Bambanglipuro AKP Khabibulloh S.Pd.I., MM. , Danramil Bambanglipuro Kapten Infanteri Sukir, Lurah Sumbermulyo Dra. Ani Widayani, Lurah Mulyodadi, Lurah Sidomulyo, dan Dukuh Gedogan ibu Titik.

 

Para Pejabat, Tokoh  Agama dan Masyarakat berfoto bersama sebelum kenduri
di halaman Candi Hati Kudus Yesus (foto: Totok Dwi)

Kali ini doa-doa kenduri disampaikan oleh para pimpinan agama dan kepercayaan yang ada di negara kita, dari Islam Bapak Warsito, Kristen Pendeta Wahyu Nugraha, Hindu Pinandhita Wagimin, Budha Pandita Padma Wira Dharmma, Kong Hu Chu Bapak Harry, Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa,  Heri Sujoko SE.AK, dan Katolik Antonius Purwantoro. Secara bergantian dan berkesinambungan, para agamawan mendoakan agar pelaksanaan perayaan prosesi agung HKTY Ganjuran yang merupakan hari syukur seluruh umat katolik di Ganjuran dan sekitarnya dapat terlaksana dengan lancar. Juga memohon kepada Allah agar kerukunan dan kesejahteraan terus dilimpahkan-Nya bagi seluruh umat yang hadir dan seluruh bangsa Indonesia.

Rama Raymundus Sugihartanto, Pr dalam sambutannya, mengatakan “budaya kenduri di Jawa merupakan kesempatan warga berkumpul dengan hari bahagia karena bisa berbagi cerita dan sukacita atas pengalaman hidup yang dialaminya. Kenduri menjadi sarana untuk memelihara semangat persaudaraan tanpa membeda-bedakan agama dan kepercayaan demi menciptakan persaudaraan sejati di tengah masyarakat, nusa dan bangsa berdasarkan Pancasila seperti yang tertulis Bhineka Tunggal Ika, meski berbeda-beda suku, agama, kepercayaan, ras tetapi bersatu sebagai rakyat Indonesia.” Lebih jauh Rama Sugi menyatakan bahwa kenduri lintas iman merupakan perayaan yang rutin diadakan setiap tahun, terkecuali di masa pandemi 2 tahun lalu tidak dilaksanakan. Kenduri ini untuk mengungkapkan rasa syukur umat Hati Kudus se Nusantara khsusunya umat katolik di Ganjuran atas segala rahmat dan belas kasih Allah yang sudah diterimanya terlebih di saat mengalami pandemi. Di samping itu juga menjadi upaya untuk menjalin silaturahmi dengan warga masyarakat sekitar gereja Ganjuran.

Sementara itu Roy Robert Panewu Bambanglipuro saat sambutannya sangat mengapresiasi acara kenduri ini, terlebih atas peran serta umat gereja HKTY Ganjuran dalam menangani percepatan vaksinasi dan penangganan akibat pandemi bagi masyarakat di Bambanglipuro dan sekitarnya. “Kita tahu, Gereja Ganjuran sangat cepat dan berperan aktif dalam vaksinasi covid sehingga kita merasakan hasilnya”, tegas Roy Robert. Sementara Heru Kismantara, Kepala Kesbangpol Kab Bantul yang mewakili Bapak Bupati menyampaikan apresiasi atas upaya-upaya yang dilakukan Gereja Ganjuran bersama para tokoh masyarakat dalam memelihara tradisi budaya dan memupuk kerukunan di negara kesatuan Republik Indonesia terkhusus di Kabupaten Bantul dan Kapanewon Bambanglipuro khususnya.

 

Prosesi akan dilaksanakan pada hari Minggu, 26 Juni 2022 mulai pukul 07.00 WIB. Prosesi ini selain diikuti oleh umat Katolik se Ganjuran juga dibuka untuk para peziarah dari berbagai asal.  Prosesi agung kali ini bertemakan: “UMAT HKTY BERJALAN BERSAMA DALAM CINTA KASIH KRISTUS UNTUK BERKARYA DI TENGAH DUNIA”. Guna menyongsong prosesi agung Ganjuran 2022, selain acara kenduri juga dilaksanakan Triduum Pertemuan Lingkungan (rekoleksi umat selama  tiga hari). Pertemuan ini untuk menyiapkan hati umat dalam rangka persiapan Prosesi Agung tanggal 26 Juni 2022, sekaligus juga pelaksanaan Musyawarah Paroki dalam rangka pergantian Dewan Pastoral Paroki yang baru.

 

Triduum dilaksanakan serentak di 54 lingkungan dengan tujuan : pertama, agar umat HKTY mensyukuri segala rahmat dan berkat yang telah diterima selama menghadapi pandemi Covid-19; kedua, agar umat HKTY semakin menyadari spiritualitas Hati Kudus Yesus dalam seluruh gerak hidupnya baik di lingkungan Gereja maupun masyarakat, dengan kata lain umat HKTY tetap menyadari perannya menjadi Berkat Tuhan bagi kehidupan ini, dan ketiga agar umat HKTY mampu berjalan bersama dalam gerak pastoral Gereja dengan menyediakan diri untuk mengemban tugas sebagai pemuka umat. Untuk itu, ada 3 judul; pertemuan yang disiapkan, yakni : 1. Prosesi, meng  pa  yuk!  2. “Sengit ndulit, gething nyandhing,  dan 3. Batu karang atau batu sandungan?

 

Triduum kali ini sejalan dengan Gereja Sinodal yang saat ini masih berlangsung dalam Gereja kita, yakni musyawarah atau lungguh bareng, rembugan bareng, mutuske bareng dan nandhangi bebarengan.  Melalui kegiatan ini, umat berkumpul, bermusyawarah, rembugan dan melaksanakan keputusan hasil rembugan bersama-sama dalam iman untuk bersyukur dan melaksanakan perutusan-Nya.

Pada hari Jumat 23 Juni, dilaksanakan ziarah kubur ke makam Tobias di samping Gereja Ganjuran dan Makam Kentungan untuk para Rama yang telah wafat yang dulu pernah berkarya di Ganuran, terlebih Rm Gregorius Utomo Pr. Seluruh rangkaian menyongsong prosesi agung ini dilaksanakan dengan tetap mentaati protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19.

Selamat dan sukses untuk Prosesi Agung umat HKTY Ganjuran hari Minggu 26 Juni 2022 mulai jam 07.00 WIB.

 

 

 

 

Posting Komentar untuk "Kenduri Lintas Iman di Ganjuran"