Tingkatkan kontribusi Pemuda Katolik.

Dr.B.Wibowo Suliantoro (kiri) dan MY.Esti Wijayati (tengah) hadir menjadi narasumber
pada pelantikan dan seminar kebangsaan Pemuda Katolik Komcab Sleman

Pemuda Katolik Komisariat Cabang Sleman mengadakan Pelantikan Pengurus Periode 2022-2025. Kegiatan dilaksanakan di komplek Sekolah Eksperimental Mangunan, Cupuwatu II, Purwomartani, Kalasan, Sleman (Minggu, 18/09). Hadir dalam acara ini antara lain, MY Esti Wijayati (Komisi VIII DPR RI), Bambang Sulaksana, Y. Gustan Ganda (DPRD Kab. Sleman), Danang Maharsa (Wakil Bupati Kabupaten Sleman), Romo CB. Mulyatno, Pr (Moderator Pemuda Katolik), dan CB. Ismulyadi (Penyelenggara Katolik Kankemenag Kab. Sleman), dan Dewan Penasihat Pemuda Katolik Sleman.

Menurut Omegared Yohanis Nababan (Ketua Panitia),”Acara pokok kegiatan ini adalah pelantikan Pengurus Periode 2022-2025. Dengan tema Bersinergi dan Berkolaborasi untuk Bangkit Lebih Kuat, kita berharap, kader Pemuda Katolik Komisariat Cabang Sleman yang moderat bagi gereja dan tanah air.” Prosesi pelantikan diawali dengan Pembacaan Surat Keputusan Pengurus Komda DIY, Prosesi Pelantikan: Penyerahan Pataka dan Pengucapan Janji, Berkat Perutusan, dan Penandatangan Berita Acara.


Pengurus baru Pemuda Katolik Komisariat Sleman terdiri dari: Petrus Eko Nugroho (Ketua), Maria Erika Febriyanti (Sekretaris I), Christiana Salma Primarati (Sekretaris II), Omegared Yohanis Nababan (Bendahara)YB. Arya Primantana (Bidang Organisasi, Kaderisasi, Keanggotaan), Gregorius Arief dan Andreas Sukmo Setyo Wibowo (Bidang UMKM dan Ekonomi Kreatif), Stephanus Tri Hartanto dan Damianus Eko Febri Ambodo (Bidang Media dan Komunikasi), Paulus Petrus Enggar Dewantoro (Bidang Hubungan Antar Lembaga dan OKP).

Yohanes Gandung Widiyantoro (Ketua Pemuda Katolik Komisariat Daerah Istimewa Yogyakarta) menyampaikan, “Ada empat prinsip yang harus dipegang supaya Pemuda Katolik menjadi organisasi kemasyarakatan yang berbuah bagi masyarakat dan bermartabat. Keempat prinsip tersebut adalah konsisten dalam cara berpikir, berani bekerja keras, berelasi dan bekerjasama dengan pemangku kepentingan, dan terus belajar. Kita harus bekerjasama dengan semua pihak untuk mewujudkan cita-cita dan mencapai tujuan bersama, bonum commune.”

“Melalui Musyawarah Pemuda Katolik Komisariat Sleman yang dilaksanakan di Joglo Paroki Alfonsus , Nandan, terpilihlah formasi Ketua Pemuda Katolik periode 2022 -2025 untuk melanjutkan dan mengemban tugas menjalankan organisasi ini,” kata Petrus Eko Nugroho, dalam sambutan. “Pemuda Katolik Sleman siap bersinergi dan bekerjasama dengan Ormas/OKP, Lembaga Pemerintah maupun Swasta yang berada di wilayah Kabupaten Sleman. Kader Pemuda Katolik selalu berpegang untuk menjaga toleransi, kerukunan antar umat beragama, juga menjunjung nilai Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI,” lanjut Eko.

Pelantikan dan Seminar Kebangsaan Pemuda Katolik Komcab Sleman

Romo CB. Mulyatno, Pr menyampaikan, “Pemuda Katolik diajak untuk membangun literasi kebhinekaan tunggal ika, tetap memiliki komitmen mengembangkan budaya dan agama dalam kerangka keindonesiaan. Proses kaderisasi perlu dijalin dalam ikatan lintas keilmuan suku agama. Maka tidak hanya formasi intelektual tetapi kecerdasan religius dalam kebersamaan. Pemuda Katolik perlu banyak bergaul dan menunjukkan kesaksian sehingga semakin bersaudara, terbuka secara hati dan tanggap dengan situasi sekitar sehingga semakin memberikan kontribusi.”

Danang Maharsa (Wakil Bupati Kabupaten Sleman) mengucapkan selamat kepada Pemuda Katolik Komisariat Cabang Sleman. “Semoga Pemuda Katolik Komisariat Cabang Sleman mampu menjalankan program, sesuai yang dicita-citakan dan menjaga persatuan. Sleman sebagai rumah kita bersama menjadi bagian yang perlu kita dukung dalam merawat dan menjaga semangat keberagaman. Inilah bagian kita bersama, menjaga merawat warisan leluhur.” Kegiatan yang dihadiri perwakilan dari Persatuan Hindu Dharma Indonesia, Badan Kerjasama Gereja Kristen Kabupaten Sleman, GP Ansor, Wanita Katolik Ranting Kab. Sleman dan KNPI Kab. Sleman diakhiri dengan Seminar Kebangsaan dengan narasumber MY Esti Wijayati (Komisi VIII DPR RI) dan Wibowo Suliantoro (ISKA DIY)***

Posting Komentar untuk "Tingkatkan kontribusi Pemuda Katolik."