Pohon Kehidupan di Lereng Merapi

Rama Insaf Santosa, Pr, Pastor Kepala Paroki Maria Assumpta Pakem menanam pohon
dalam rangka Hari Pangan Sedunia Tahun 2022, Sabtu 15 Oktober 2022

Memperingati Hari Pangan Sedunia 2022 Gereja Maria Assumpta Pakem menyelenggarakan penanaman pohon di kawasan Lereng Merapi.  Peringatan HPS di Paroki St. Maria Assumpta Pakem dikemas dalam rangkaian kegiatan untuk mengedukasi, aksi dan selebrasi.

Sumardi Ketua Panitia kegiatan HPS Gereja Santa Maria Assumpta Pakem mengatakan kegiatan peringatan HPS ini dilakukan dengan edukasi dilakukan dengan sarasehan serentak di setiap Lingkungan yang dikerucutkan pada niat bersama untuk tidak membuang makanan. Upaya ini bisa dilakukan dengan cara mengambil makanan secukupnya, memasak makanan sesuai kebutuhan, dan menyimpan makanan yang masih bisa dikonsumsi. 

Sebagai wujud aksi dari kegiatan HPS ini diwujudkan dengan kegiatan menanam pohon pada Sabtu, 15 Oktober 2022 di Taman Mahoni, Hargobinangun, Pakem, Sleman. Kegiatan ini dihadiri oleh Penewu Anom, Kapolsek, Danramil Kapanewon Pakem, MUI, FKUB dan banyak lagi perwakilan umat beragama. Gagasan di balik penanaman pohon adalah upaya menjaga ketersediaan air, sebagai cara memastikan tanaman pangan lestari. 

Para tokoh masyarakat bersama menanam pohon dalam rangkan menyambut
Hari Pangan Sedunia Tahun 2002 sebagai upaya menjaga ketersediaan air.

Amin Sardjito, Lurah Kalurahan Hargobinangun, mengatakan jika peringaran HPS ini menjadi gerakan antisipasi untuk kemungkinan krisis pangan yang juga sudah sering diingatkan oleh Presiden Jokowi, akan terjadinya bahaya krisis yang mungkin terjadi di tahun 2023. “Dengan  menanam pohon ini maka kita akan mempunyai cadangan pangan dan cadangan kehidupan,” jelas Amin Sarjito. 

Sementara itu Pastor Paroki St. Maria Assumpta Pakem, Rama Insaf Santosa Pr, mengingatkan bila HPS adalah wujud keprihatinan global tentang bahaya krisis pangan. Krisis pangan bukan hanya karena tidak ada makanan, tetapi terkait dengan krisis energi. 

“Kenyataan itu bersilangan dengan kenyataan sampah yang ada, dimana 40% nya adalah sampah makanan. Maka, ajakan kepada umat Katolik untuk tidak membuang makanan adalah gerakan menghargai makanan sebagai wujud belarasa dengan banyak saudara yang tidak mempunyai akses pada makanan,” tandas Rama Insyaf. 

Sementara itu dari Anik Widaryanti, SP, M.Si., selaku Penewu Anom (Sekcam) Kapanewon Pakem, mengatakan jika menanam pohon berarti menanam harapan dan menanam doa. Hal ini relevan bukan hanya terkait dengan makanan, tetapi juga penting untuk menjaga lingkungan. Apalagi lingkungan Kapanewon Pakem menjadi tujuan wisata sehingga ada banyak sekali bus datang dan membawa gas CO2. Maka dengan semakin banyak pohon tertanam akan terwujud udara (O2) yang segar dan menyehatkan. “Menanam pohon adalah menanam warisan bagi anak cucu kita di masa mendatang. Saya mengapresasi kegiatan peringatan Hari Pangan Sedunia ini dengan menanam pohon,” pungkas Ani. 

Dalam gerakan menanam pohon ini setidaknya ada beberapa jenis tanaman yang ditanam. Yakni bibit alpukat, kelengkeng dan lainnya yang ditanam sebagai simbolisasi gerakan menanam tanaman buah oleh umat Paroki Pakem. Dengan menanam ini dipanjatkan doa, semoga tanaman ini menyediakan sumber pangan untuk generasi yang akan datang. 

Gerakan menanam pohon ini diharapkan bisa menjadi monumen untuk menjaga ingatan kita semua, jika kita perlu melestarikan alam dan lingkungan, demi kelestarian hidup manusia.  Selain itu harapannya, semoga tema HPS 2022, dengan tema “SOLIDARITAS PANGAN” (Semakin Peduli dan Murah Hati) ini berguna bagi refleksi iman dan penataan kehidupan bersama dalam masyarakat agar terang Injil semakin terpancar dan pesannya terwujud.

Hari Pangan Sedunia (HPS) diperingati setiap tanggal 16 Oktober yang dimulai sejak Tahun 1981, diinisiasi oleh FAO (Food Agriculture Organization) yang didukung oleh 147 Negara. Indonesia menjadi salah satu pendukungnya. Ide dibalik perayaan HPS adalah ajakan kepada seluruh bangsa untuk memartabatkan makanan, sebagai penopang kehidupan (Pakem, Sabtu, 15 Oktber 2022 Asr)

Posting Komentar untuk "Pohon Kehidupan di Lereng Merapi"