FIELD TRIP PELAJAR TINGKAT DASAR

Pelajar yang bersekolah di SD Negeri dari berbagai sekolah di Kabupaten Purwakarta mengadakan kegiatan moderasi beragama pada hari Sabtu, 26 November 2022 Bertempat di berbagai tempat ibadah dan kebudayaan antara lain Taman doa dan gereja Katolik Santa Maria Kota Bukit Indah, Masjid Agung Tajug Gedhe Bungursari Purwakarta, Tempat Ibadah Agama Hindu Pasraman Widya Saraswati Purwakarta, Gallery Wayang, Perpustakaan Daerah Diorama. Peserta yang hadir 15 siswa-siswi SD Negeri Kabupaten Purwakarta, Fasilitator  9 siswa-siswi SMPN Kabupaten Purwakarta serta 3 Pendamping guru serta 1 Frater dan orang tua siswa yang mengikuti dengan mobil dan motor selama kegiatan moderasi beragama. 

Kegiatan Field Trip diawili dengan misa pagi yang dipimpin oleh Romo Thomas Sunarto, Pr selanjutnya berangkat bersama menggunakan Mikro Bus menuju Taman doa Santa Maria Kota Bukit indah disana kami berdoa dan mengenal gereja Katolik Santa Maria secara singkat, kegiatan moderasi dilanjutkan ke Masjid Agung Tajug Gedhe melihat keindahan Masjid Agung yang megah dan terawat bagus dengan bingkai merah putih disetiap tiang dan sisi bedung yang megah berjumlah 9 bedung membuat pelajar siswa-siswi kagum dan merasakan sukacita. 

Kegiatan berikutnya berkunjung ke Pasraman Widya Saraswati kami disambut dengan ramah oleh keluarga besar Pasraman Widya Saraswati, I Made Kandhi dalam sambutanya mengenalkan sejarah tempat berdoa umat dan pelajar yang beragama Hindu di Purwakarta. I Komang Supranante penyuluh agama Hindu menjelaskan dan memperkenalkan pelajar Hindu yang bersekolah di sekolah Negeri. Selanjutnya kami berkunjung ke Gallery Wayang sejarah Bima dan sederet cerita wayang santri, wyang suket, wayang bambu dan banyak sekali filosofi kebudayaan wayang. Pelajar moderasi melanjutkan ke perpustakaan daerah para siswa-siswi memberikan buku yang diberikan untuk perpustakaan daerah. Selanjutkan ke Situ Buleud siswa diajak melihat keindahan ikan dan situ yang penuh dengan ikan air yang berlimpah. Kegiatan ini selanjutnya dilanjutkan materi yang dibawakan oleg Frater Sutedjo dengan mengajak melihat kembali keanekaragaman dengan gambar dan film yang sangat menarik. 

Kesimpulan kegiatan ini adalah mengajak pelajar tingkat dasar untuk memahami bersama orang tua, pelajar SMPN, guru dan pendamping memahami  Moderasi beragama adalah cara pandang dalam beragama secara moderat untuk memahami dan mengamalkan ajaran agama dengan tidak ekstrem agar sikap beragama seluruh warga negara di tanah air, khususnya warga belajar di sekolah tetap berada pada jalurnya yang baik, tidak berlebihan. Moderasi beragama penting dilakukan guna mengembalikan praktik beragama yang benar sesuai dengan esensinya, dan agar agama benar-benar berfungsi menjaga harkat dan martabat manusia, tidak sebaliknya. Moderasi beragama cara pandang, cara sikap, dan praktik beragama kita dalam kehidupan bersama, dengan cara mewujudkan hakikat ajaran agama yang melindungi martabat kemanusiaan dan membangun kebaikan bersama seluruh umat. 

Hal ini berlandaskan keadilan, keberimbangan dan menaati konstitusi negara sesuai kesepakatan berbangsa dan bernegara kesatuan di Republik Indonesia. Kitab Suci sebagai terang/cahaya dari Tuhan yang menuntun dalam perjalanan hidup. Kitab suci sebagai buku litersi, sumber refleksi di dalam hidup kita tentang Tuhan, realitas dunia, dan tentang kita dalam berelasi dengan Tuhan dan sesama alam ciptaan. Kitab suci adalah kisah iman antara manusia dengan Tuhan. Maka aktivitas membaca (menjadi orang-orang yang bergerak dalam literasi) dan menulis (mewartakan) adalah jalan moderasi beragama untuk membagikan kebaikan, keindahan, kebenaran, keberagaman dalam keanekaan yang esa kepada tertuju supaya pada akhirnya semuanya harmoni. (Penulis Yohanes Baptis AKPK)

Posting Komentar untuk " FIELD TRIP PELAJAR TINGKAT DASAR"