Kembangkan dan Tanamkan Sikap Toleransi

Para Guru Agama Keagamaan dan Pendalaman Kitab (AKPK), Katolik, Kristen, Hindu dan Budha Kabupaten Purwakarta diterima Kepada Dinas Pendidikan Kab.Purwakarta

Guru Agama Keagamaan dan Pendalaman Kitab Kitab (AKPK) Kabupaten Purwakarta dari berbagai Agama berkumpul di gedung PGRI dan Ruang rapat Pimpinan Dinas Pendidikan Kab.Purwakarta antrara lain; AKPK Islam (Rukman, Iwan) AKPK Katolik (Paulus Basuki, Agustinus, Mattheus Soeratminto, Desy Lilipay, Paulus Basuki, Yohanes Baptis), AKPK Hindu, AKPK Kristen Protestan (Tiur, Ayu, Risa Miliana Oktavia, Th.Aryani, Yuni Sri). Pertemuan pada hari Rabu, 4 Januari 2023 dimaksudkan untuk konsolidasi.  Dihadiri 12 guru AKPK dari agama Non Muslim. Kepala Dinas Pendidikan Kab.Purwakarta, Dr.H.Purwanto, M.Pd,  menegaskan kepada semua guru AKPK bahwa sikap toleransi merupakan salah satu nilai profil Pelajar Pancasila yaitu Kebhinekaan Global. Nilai Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika wajib dipegang oleh seluruh pelajar Indonesia termasuk pelajar di Purwakarta.

Sikap toleransi merupakan salah satu nilai mendasar yang diperhatikan betul oleh Dinas Pendidikan Purwakarta. Sebagai bentuk terapannya, ruang ibadah bagi mereka yang berbeda agama di tiap sekolah. Di sekolah negeri ataupun swasta umum di Kabupaten Purwakarta, ruang ibadah tidak hanya disediakan untuk para siswa yang beragama Islam tapi juga siswa yang beragama Kristen Protestan, Hindu, Katolik  ataupun Buddha yang ada siswanya. 

Kepala Dinas Pendidikan Kab.Purwakarta, Dr.H.Purwanto, M.Pd (paling kanan)
menerima Guru Agama Keagamaan dan Pendalaman Kitab Kab.Purwakarta

Karena itu, ketika menerima kehadiran para guru AKPK (Agama Keagamaan dan Pendalaman Kitab) Non Muslim di ruang rapat Gedung PGRI Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta dalam amanatnya menyebutkan bahwa Guru AKPK hendaknya terus menguatkan spiritualitas siswa di sekolah dan toleransi terus dikembangkan di sekolah-sekolah dengan berbagai program unggulan di tahun 2023 (Botram Harmoni, Camping Toleransi, Gotong Royong lintas Agama, Kerja Bhakti Harmoni di lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat). 

“Guru AKPK adalah petani atau pengembala yang menyajikan perjamuan ilmu agama di sekolah-sekolah. Tugas Dinas Pendidikan menyiapkan ruang agar kegiatan keagamaan tumbuh dengan baik di sekolah. Sekolah-sekolah menyediakan ruang atau area yang difungsikan sebagai kelas keagamaan dan menyediakan sarana prasarana yang tidak diskriminatif,” ungkapnya. 

Para Guru Agama Keagamaan dan Pendalaman Kitab Kab.Purwakarta setelah pertemuan dengan 
Kepala Dinas Pendidikan Kab.Purwakarta

Kepala Dinas Pendidikan juga menyampaikan terima kasih kepada para guru AKPK Non Muslm yang terus konsisten bekerja mengajar dan membimbing siswa sehingga siswa dapat mempelajari agamanya dengan baik dan penguatan keagamaan terus tumbuh di sekolah-sekolah di Purwakarta. Dengan menyiapkan modul dan Buku Jurnal Writing untuk mengetahui perkembangan siswa untuk tahap-tahap pemahaman dan pendalaman kitab kitab beserta praktek toleransi dengan siswa, guru, masyarakat untuk mewujudkan dan membangun persaudaraan dalam keberagaman bersumber dari kitab suci. (Penulis Yohanes Baptis Guru AKPK Tingkat Dasar) 

Posting Komentar untuk "Kembangkan dan Tanamkan Sikap Toleransi"