Kunjungan Kasih FMKI Bantul ke PCNU Bantul

Kunjungan kasih FMKI Bantul ke Pengurus Cabang NU Bantul dalam rangka
Harlah 100 Tahun Nahdatul Ulama (fotodok FMKI Bantul)

Sabtu, 11 Februari  2023 dalam cuaca yang sejuk karena habis hujan rombongan FMKI Bantul memasuki halaman kantor Cabang NU Kabupaten Bantul yang terletak di Jl Marsda Adisucipto, Karangbayam 45, Bantul. Sebagian rombongan berangkat bersama dari Gereja St.Yakobus yang berjarak lebih kurang dua kilo meter, tempat FMKI Bantul berkantor.

Rombongan diterima langsung oleh Ketua Cabang NU Bantul Bapak Dr H. Riyanto yang sehari-hari bekerja sebagai dosen di Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, didampingi beberapa Pengurus Cabang. Acara kunjungan resmi tidak segera dimulai menunggu pengurus lainnya yang sedang menjalankan ibadah. Sambil menunggu dimulainya acara bincang-bincang dimulai berkisar akan diadakannya penganugerahan Doctor Honoris Causa dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, kepada 3 orang tokoh agama yaitu: K.H.Yahya Cholil Staquf, Ketua Umum PBNU Periode 2021-2026; dr.Sudibyo Markus, MBA, Ketua PP Muhamadiyah Periode 2005-2010 dan Kardinal Miguel Angel Ayuso Guixiot, MCCJ, Presiden Badan Kepausan untuk Dialog Lintas Agama, 13 Februari 2023.

Penyerahan plakat sebagai bentuk tali kasih persaudaraan
dari FMKI Bantul kepada Pengurus Cabang NU Bantul

Pertemuan silaturahmi dimulai menjelang pukul 16.00 setelah seluruh pengurus yang diundang hadir. Dengan menggunakan bahasa Jawa yang halus, Ketua Cabang NU Bapak Dr. H. Riyanto, mengucapkan selamat datang dan memperkenalkan para Pengurus Cabang NU Bantul. Beliau menyampaikan seputar organisasi di NU, mulai dari Pimpinan Pusat sampai  Anak Ranting, dan organisasi di dalamnya seperti Fatayat NU, Banser, dan Pemuda Anshor. 

Selanjutnya penasihat FMKI Bantul, Bapak Murdomo meenyampaikan maksud kedatangan rombongan, yaitu selain silaturahmi menjalin persaudaraan sejati juga mengucapkan selamat atas ulang tahun ke-100 NU. sebagai organisasi Islam terbesar di Indonesia. Bapak Murdomo mengenalkan anggota rombongan yang berasal dari beberapa paroki, yaitu Paroki St Yakobus, Klodran, Bantul, Paroki Hati Kudus Tuhan Yesus Ganjuran, Paroki Santa Theresia Sedayu, Paroki Hati Kudus Tuhan Yesus Pugeran dan Paroki Santo Paulus Pringgolayan. Keempat paroki tersebut berada di wilayah Kabupaten Bantul dan di bawah Kevikepan Jogja Barat yang dipimpin oleh Rama A.R. Yudono Suwondo, Pr. Sepintas juga dijelaskan bahwa FMKI sebagai forum bersama dari beberapa organisasi Katolik, yaitu WKRI, Pemuda Katolik, ISKA, dan Vox Point.

Beberapa kegiatan bersama pernah dilakukan oleh pengurus FMKI dan PCNU periode sebelumnya, antara lain seminar kebangsaan yang secara bersama bisa menghadirkan Bapak Mahfud MD, Rama Beny Susetyo, Pr dan Sekjen PBNU Bapak Hilmi. Saat itu acara dimoderatori oleh Susilo Nugroho yang lebih dikenal dengan sebutan Den Baguse Ngarsa. Direncanakan tahun ini juga akan diadakan kegiatan bersama yang berskala nasional.

Oleh-oleh dari FMKI Bantul kepada Pengurus Cabang NU Bantul (fotodok FMKI Bantul)

Selesai penjelasan oleh Bapak Murdomo disusul Ibu Ketua FMKI Bantul yaitu Ibu Hasta Wening yang menambahkan tentang adanya kegiatan bersama di tingkat pemuda yaitu kegiatan yang diberi nama SRAWUNG. Kegiatan tersebut diadakan oleh OMK dan Pemuda Anshor. Acara selanjutnya dalam suasana akrab saling menceritakan beberapa pengalaman yang menunjukkan betapa bersaudaranya Umat Katolik dengan Umat NU.

Sebagai ujud persaudaraan maka FMKI Bantul menyerahkan beberapa cendera mata baik untuk pemuda maupun Banser, ditutup dengan foto bersama (Sek.FMKI Bantul)

Posting Komentar untuk "Kunjungan Kasih FMKI Bantul ke PCNU Bantul"