MENANAM KARAKTER SEJAK DINI

Anak-anak menikmati perjalanan mereka ke tempat-tempat ibadat

Jumat, 10 Maret 2023. UPTDS AKPK SDN 4 CISEUREUH, yang terdiri dari Pelajar Katolik, Kristen Protestan mengadakan kegiatan Field Trip ke- 6 tempat ibadah di Purwakarta. Tempat ibadah tersebut, yaitu : Mesjid Tajug Gede Cibungur, Gereja HKBP, Vihara, Klenteng, Gereja Katolik Salib Suci dan Gereja GKP Sadang. Field Trip diikuti oleh 23 siswa/siswi kelas 4-6 dengan guru pendamping Agustinus Balapira Kolin, S.Kom dan Desi Lilipaly, A.Md. Kegiatan dimulai pukul  07.00 dan diakhiri pukul 14.00 WIB. Tema Field Trip Toleransi dalam Keberagaman. Tujuan Field Trip : menanamkan karakter Toleransi dan saling menghormati dalam berbagai perbedaan.

Kegiatan berlangsung lancar, para pengurus rumah ibadah menyambut kami dengan ramah, memberikan informasi dengan baik. Cuaca mendukung. Toleransi secara bahasa berarti tenggang rasa. Bisa diartikan dengan menahan diri atau sabar. Selain itu, toleransi juga bisa diartikan dengan bersikap lapang dada terhadap orang yang memiliki pendapat berbeda.  Sedangkan secara istilah, toleransi artinya menghargai, menghormati, menyampaikan pendapat, kepercayaan, pandangan terhadap sesama manusia yang pada dasarnya bertentangan dengan diri sendiri. Toleransi bermanfaat dalam kehidupan kita sehari-hari. Terutama dalam beraktivitas dan berinteraksi sesama manusia. Dengan bersabar dan menahan diri serta menghargai orang lain, maka konflik atau perbedaan bisa dicegah atau tidak akan terjadi.


Dengan begitu toleransi memiliki peranan penting dalam menjaga persatuan dan kesatuan dalam kehidupan bermasyarakat.  Toleransi di Indonesia  menjadi penting. Ini karena bangsa Indonesia memiliki cukup banyak suku, ras, dan agama. Perbedaan tersebut tentu memberi pembawaan bagi setiap individu di negeri tercinta ini.  Namun perbedaan tersebut juga bukan menjadi kendala dalam membangun persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Menghormati hak dan kewajiban umat beragama. Kita sama-sama mengetahui bahwa di Indonesia ada beberap agama dan kepercayaan yang diakui oleh negara. Acapkali perbedaan agama dan kepercayaan itu menjadi bahan perdebatan dan pemecah persatuan dan kesatuan bangsa.

Maka sejak dini Pelajar AKPK UPTD SD Negeri 4 Ciseureuh Purwakarta berani untuk memiliki sikap saling menghormati antarumat beragama.  Contoh dalam kehidupan sekolah adalah setiap siswa diberi kesempatan untuk berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing saat memulai dan mengakhiri pembelajaran. Dengan Adanya Kunjungan persaudaraan ini berharap siswa-siswi AKPK semakin memilik semangat dan gerak tolerasni sejak dini bahwa keragaman adalah kekuatan untuk menjadikan Purwakarta Istimewa Purwarta Harmoni.   ( Yoh. Baptis dan Agustinus) 

Posting Komentar untuk "MENANAM KARAKTER SEJAK DINI"