Kalian duta-duta perdamaian.


Paduan Suara Dewasa Campur Perparani II, tampil ikut serta memeriahkan
Paskah Paguyuban Bimas Katolik DIY, 12 April 2023 di Syantikara Yogyakarta

Kalian, guru-guru Agama Katolik adalah duta-duta perdamaian”. Demikian inti perutusan dalam renungan Paskah oleh Pastor Simon Gosua, Pr dari Seminari Anging Mamiri Yogyakarta. Hal senada juga dikatakan oleh bapak C.Christo, Pembimas Katolik Kemenag DIY dalam sambutannya. Renungan dan sambutan tersebut disampaikan dalam acara Paskah Paguyuban Bimas Katolik Kemenag DIY, Rabu, 12 April 2023 di Syantikara Yogyakarta. Tema perayaan Paskah Bimas Katolik mengambil tema “Tinggal Dalam Kristus Hadirkan Damai Bagi Sesama dan Alam Ciptaan”. Masyarakat dan alam ciptaan sedang tidak dalam kondisi baik-baik. Kedamaian dalam masyarakat terusik oleh Tindakan-tindakan intoleransi, kekerasan, ketidakadilan, dan alam ciptaan mengalami eksploitasi sumber daya alam sehingga merusak lingkungan.

Pejabat-pejabat Bimas Katolik: dari kiri bapak Alex (Bimas Katolik Kota Yogyakarta),
bapak CB.Ismulyadi (Bimas Katolik Kab.Sleman), ibu Marcel isteri Pembimas, bapak Christo (Pembimas Katolik DIY), rama Simon Gosua, Pr (dari Seminari Anging Mamiri) dan
bapak Y.Setiyanto (Bimas Katolik Kulon Progo)

Untuk menghadirkan damai bagi sesama, kita semua mesti berdamai dulu dengan diri kita masing-masing. Omong kosong kalau kita sendiri tidak damai, akan menghadirkan damai bagi sesamanya dan aalam ciptaaan. Dengan mengambil inspirasi kisah perjalanan dua rasul yang lari dari Yerusalem, pulang kerumah di Emaus karena tidak merasa damai, ketika melihat Yesus disalib, wafat dan dimakamkan. Mereka bingung, hatinya kacau balau karena ditinggal gurunya yaitu Yesus Kristus. Sebegitu bingungnya, sampai saat Yesus menemani mereka berjalan pulang pun tidak mengenal. Baru terbuka matanya ketika mereka akan makan malam bersama. Yesus mengambil roti, mengucap syukut dan membagikan roti itu kepada mereka.

Trio Guru Agama Katolik Kota Yogyakarta tampil menyanyi ikut memeriahkan 
Paskah Paguyuban Bimas Katolik DIY

Paskah Paguyuban Bimas Katolik kali ini adalah yang pertama sejak pandemic, jadi sudah tiga tahun tidak diselenggarakan Paskah Paguyuban Bimas Katolik. Terakhir sebelum pandemic dilaksanakan di Kabupaten Bantul. Kali ini penyelenggaranya adalah Bimas Katolik Kota Yogyakarta, dan untuk Paskah tahun 2024 direncanakan di Kulon Progo, dengan penyelenggara Bimas Katolik Kulon Progo.

Menyanyikan bersama lagu "Sajeke Aku Ndherek Gusti" hadirin  ikut menari di depan panggung.  

Hadir dalam Paskah Paguyuban Bimas Katolik DIY ini, guru-guru Agama Katolik SD, SMP, SMA/K dari Kota dan Kabupaten dan juga pegawai di lingkungan Bimas Katolik serta para pensiunan. Dari pensiunan hadir Pengawas Pendidikan antara lain: ibu A.E.Winarti, bapak P.Haryanto, bapak Misidi, bapak Antonius Sunarto. Mantan Penyelenggara Bimas Katolik Kulon Progo bapak Y.Barisman, mantan Pembimas Katolik DIY bapak Yohanes Suharto, Pembimas Katolik Jawa Tengah tahun 2006-2012 bapak A.Gandung Sukaryadi. Dimeriahkan oleh tampilnya siswa-siswa yang menampilkan kebolehannya: tari, menyanyi dan biola (swar.01)

  

Posting Komentar untuk "Kalian duta-duta perdamaian."