Kaderisasi Penggerak Sosial Kemasyarkatan “ Banyak Anggota Tetapi Satu Tubuh”

Sesi manajemen konflik dilakukan dengan model game

PK3 Kevikepan Jogja barat dan Jogja Timur bekerjasama dengan WKRI DPD DIY, DPD ISKA DIY dan Pemuda Katolik Komda DIY kembali mengadakan kerja Pendidikan kader dalam rangka mempersiapkan kaum muda untuk dapat melanjutkan karya pelayanan gereja di masa depan. Pelaksanaan Kerja Pendidikan kader ini di ketuai oleh apt. Y.B. Arya Primantana S.Si., M.M. dengan ketua SC Petrus Eko Nugroho S.E.

Harapan dari kerja kaderisasi ini adalah menumbuhkan kesadaran diri peserta kaderisasi akan potensi yang dimilikinya, bagaimana cara mengasah/menempa diri agar potensi yang dimiliki dapat berguna dalam karya misi pelayanan gereja yang mengikuti perkembangan jaman tanpa kehilangan pokok iman akan Jesus sebagai anak sulung gereja.

Kegiatan ini diikuti oleh 21 peserta dari paroki-paroki yang berada dibawah koordinasi Kevikepan Yogyakarta Barat dan Kevikepan Yogyakarta Timur. Adapun guru kader yang telah memberikan materinya adalah: Rama CB.Mulyatno, Pr dengan materi yang disampaikan adalah spiritualitas katolik. Dalam hal ini oleh rama Mulyatno, menekankan pentingnya kaum muda yang berpengetahuan luas dan rendah hati yang mampu bergaul dengan sesama anak bangsa tanpa kehilangan jati dirinya sebagai orang katolik

Dr. G. Sri Nurhartanto, SH., L.LM, (tengah batik biru) ditengah para peserta

Materi yang disampaikan oleh Rama A.R. Yudono Suwondo, Pr dalam sesi Gereja dan Politik,  lebih menekankan diri agar peserta kaderisasi berani tampil dan tidak malu tampil dengan identitas sebagai orang katolik. Berani menampilkan diri sebagai terang bagi dunia yang mampu menjadi pembawa kabar bahagia bagi masyarakat sekitar dalam kehidupan sehari-hari. Ikut serta dalam kegiatan kemasyarakatan dan menampilkan diri sebagai sesama anak bangsa yang menghargai pluralisme. Mengembangkan dan membangun kebersamaan dengan sesama anak bangsa Indonesia untuk terwujudnya masyarakat yang bertoleransi dalam kebhinekaan.

Materi yang disampaikan oleh guru kader dalam sesi Ekonomi dan Politik dalam hal ini ibu Mahestu, mengajak kaum muda untuk berani menjadi pengusaha-pengusaha di masa setelah selesai kuliah untuk mendukung kemajuan Indonesia. Belajar dari usaha dengan resiko yang mempu dan ikhlas kita tanggung dalam artian tidak perlu langsung menjadi pengusaha besar. Belajar dari usaha yang kecil sampai akhirnya mampu menjadi pengusaha besar. Karena gereja juga membutuhkan dana-dana yang tidak sedikit dalam karya perutusannya yang harus didukung oleh warga gereja seutuhnya.

Dalam sesi manajemen konflik dilakukan dengan model game yang menunjukan kebiasaan keegoisan kelompok atau individu yang tidak cermat membaca aturan kehidupan bersama/ dasar hidup bersama. Berebut untuk kepentingan kelompoknya sendiri atau untuk kepentingannya sendiri dengan caranya sendiri yang tanpa sadar melanggar dasar/peraturan hidup bersama yang telah disepakati. Setelah permainan selesai peserta kembali disadarkan akan peraturan yang dibacakan sebelum acara game, akhirnya peserta menyadari bahwa ada kesempatan dan kewenangan yang dimiliki untuk saling berdiplomasi agar semua mendapatkan yang dibutuhkan tanpa harus egois hanya memandang kepentingan kelompok sendiri yang harus terpenuhi tanpa menghiraukan kepentingan kelompok lain.

Dalam sesi orang peran orang katolik didalam masyarakat/negara saat ini, guru kader mengajak peserta untuk melihat sejarah masa lampau berperan sertanya orang-orang katolik dalam pergerakan meraih kemerdekaan, mempertahankan kemerdekaan dan juga peran di jaman sukarno, Suharto dan di jaman reformasi. Guru kader juga memberikan semangat bagi peserta untuk mencari dan menemukan potensi diri agar peserta kedepannya dapat memberikan kontribusi bagi kelangsungan kehidupan berbangsa dan bernegara tidak hanya di masa-masa pemilu tetapi dalam kesehariannya. Peserta juga menyadari bahwa di saat ini ada potensi bahaya dis integrasi bangsa akibat dari beberapa tokoh negara yang tidak lagi mendasarkan kehidupan berbangsa dan bernegaranya dengan dasat uud 45 dan Pancasila. Yang mereka lakukan justru melakukan pembelahan masyarakat karena kepentingan politik kelompoknya sendiri.

Ekaristi penutupan dipimpin oleh Rama Dr.CB.Mulyatno, Pr

Di sesi posisi Indonesia di global, guru kader Dr. G. Sri Nurhartanto, SH., L.LM. memberikan pencerahan bahwa Indonesia saat ini sedang menjadi negara yang kembali diperebutkan kekayaan alamnya oleh bangsa-bangsa lain terutama oleh negara-negara maju. Guru kader mengajak agar peserta menyiapkan diri dengan belajar untuk menjadi ahli-ahli yang akan mendukung Indonesia menjadi negara yang berdikari. Mandiri dalam mengelola alam dan menjadi negara maju di segala bidang. 






Posting Komentar untuk "Kaderisasi Penggerak Sosial Kemasyarkatan “ Banyak Anggota Tetapi Satu Tubuh”"