KUNJUNGAN PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN FOCOLARE DI INDONESIA (1)

Penyambutan Margareth Karram dan Jesus Moran, Presiden dan Wakil Presiden Focolare 
di bandaya YIA Sabtu 20 Mei 2023 malam.

“Pancasila, Bhineka Tunggal Ika dan kekayaan budaya Indonesia, telah menarik perhatian dan menjadi alasan utama kedatangan kami di Indonesia”. Demikian ungkapan dari Margaret Karram (Presiden Focolare) dan Jesus Moran (Wakil Presiden Focolare) saat menjawab pertanyaan yang muncul  dalam dialog persaudaraan lintas iman dan kunjungannya. Presiden dan Wakil Presiden Focolare mengunjungi anggota komunitasnya di Asia termasuk Indonesia.

Focolare adalah sebuah Komunitas Kerasulan Awam yang didirikan oleh Chiara Lubich pasca Perang Dunia II, di Italia, tepatnya di kota Trento. Komunitas Focolare mempunyai spiritualitas kesatuan, dan bercita-cita semua orang dari berbagai latar belakang suku, bangsa, agama, budaya dan lainnya bisa Bersatu menjadi satu saudara, hidup bersama dengan damai sejahtera di bumi yang satu dan sama. Demikian diceritakan oleh Rama G.Prima Dedy Saputra, Pr dalam pengantar khotbahnya saat Perayaan Ekaristi di Gereja Hati Kudus Tuhan Yesus Ganjuran, yang dihadiri rombongan Presiden dan Wakil Presiden Focolare, Minggu 21 Mei 2023.

 

Dari kiri: Rama G.Prima Dedy Saputra (penterjemah), Jesus Moran (Wakil Pressiden Focolare
Margareth Karram (Presiden Focolare) dan Margareth Pasaribu (penterjemah)
di Aula SMA Stella Duce Bambanglipuro

Gereja Hati Kudus Tuhan Yesus menjadi salah satu tujuan kunjungan Presiden dan Wakil Presiden Focolare, Margaret Karram dan Jesus Moran. Ada beberapa alasan: pertama, Focolare hadir di wilayah Yogyakarta pasca gempa dahsyat yang mengguncang DIY dan Jawa Tengah bagian selatan. Komunitas Focolare hadir dan membantu recovery dan membuat 21 pendapa untuk fasilitas perjumpaan dan penampungan. Setelah selesai membangun rumah-rumah penduduk, 21 pendapa menjadi sarana bertemu dan mengembangkan kebudayaan.

Pertemuan diadakan di aula SMA Stela Duce Ganjuran dengan anggota komunitas Focolare Yogyakarta diikuti oleh 268, tua, muda dan anak-anak. Hadir juga tamu undangan dari pemerintahan setempat: Tri Manura, S.Sos (Penewu Bambanglipuro), Kapten Inf.Sukir (Danramil), AKP Rusdiyanto, S.Pd (Kapolsek), Kyai Mujadi (Ketua FKUB Bambanglipuro), Haji Busro, A.Md (Lurah Sumbermulyo), Ny.Titik Hidayati (Dukuh Gedogan), Alexander Warsito (Ketua RT 06 Gedogan), Pdt. Cortinus Wahyu Nugroho, Pendeta GKJ Sidomulyo. Undangan terhormat hadir: Rama AR. Yudono Suwondo, Pr (Vikaris Episkopal Yogyakarta Barat), Rama Raymundus Sugihartanto, Pr (Vikaris Paroki Hati Kudus Tuhan Yesus Ganjuran), Uztad H.Daud Yusuf beserta keluarga dari Surabaya, Pulunggono, S.E (Kepala Sekolah Stella Duce Bambanglipuro), para suster Komunitas Biara Carolus Boromeus Ganjuran.

 

Dari kanan: Rama Victor, Jesus Moran (Wakil Presiden Focolare), Rama R.Sugihartanto, Pr,
Margareth Karram (Presiden Focolare) dan Rama G.Prima Dedy Saputra
Perkenalan kepada umat Katolik yang mengikuti Perayaan Ekaristi,
di Gereja Hati Kudus Tuhan Yesus Ganjuran 

Acara kunjungan dan sapaan dari pimpinan tertinggi Focolare di Ganjuran cukup padat. Para peserta dan tamu undangan sudah hadir sebelum pukul 13.00, karena acara dijadwalkan pukul 13.00. Sebelum kedatangan dari disajikan lagu-lagu dari anak-anak muda, diputarkan video tentang Focolare dan pendirinya yaitu Chiara Lubich, dan video Persaudaraan Universal. Pengalungan bunga kepada Presiden dan Wakil Presiden dilakukan oleh Raya dan Damai. Selain pengalungan bunga, sambutan kedatangan oleh para penari, yang mengiringi sampai ke tempat duduk. Kemudian disambung dengan macapat sebagai ungkapan selamat datang. Sajian kesenian berupa tari dari Kalimantan, Sumatera Utara dan Papua, tarian Jawa klasik, pencak silta Jawa, petilan wayang orang, perang antara Harjuna dengan Cakil, dilanjutkan ketoprak dengan lakon Sumenten ngedan. Luar biasa dan istimewa, karena putri bapak Uztad H.Daud Yusup mempersembahkan lagu yang diirngi keponakannya.  

 

Pukul lima sore mengikuti Perayaan Ekaristi yang dipimpin oleh Rama Raymundus Sugihartanto, Pr, Rama G.Prima Dedy Saputra, Pr, Rama Victor, dan Rama Jesus Moran yang juga Wakil Pressiden Focolare. (Bersambung).

 

Posting Komentar untuk "KUNJUNGAN PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN FOCOLARE DI INDONESIA (1)"