JAMBORE HARMONI KEBANGSAN


Minggu-Senin, 13-14 Agustus 2023 diadakan jambore kebangsaan yang dihadiri oleh Tokoh agama Katolik (Desiderius Sahja Gencai), Hindu ( I Komang Supranata), Buddha (Romo Nata Prasja), Islam (H.Ikshan Kamil). Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Purwakarta sebagai inisiator dan penggerak acara kegiatan hari Pramuka 2023 dan Hari Ulang Tahun Purwakarta ke-192 dan Kabupaten Purwakarta ke-55 dilaksanakan secara meriah dan khidmat lebih dari 200 pelajar dari berbagai agama hadir memakai pakaian adat daerah dalam upacara pembacaan dasa dharma Pramuka.  Bertempat di Camp-X D'Bay Jatiluhur, Kepala Kesbangpol Kak Yus Djunaedi Rusli, S.STP, M.Si mewakili Bupati Menghadiri Jambore Harmoni Kebangsaan. 

Sekretaris Kwartir Cabang sekaligus Ketua harian HUT Purwakarta ke-192 dan Kabupaten Purwakarta ke-55 memandu acara ini. Dimana kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka pembinaan wawasan kebangsaan guna meningkatkan rasa cinta tanah air dan pemantapan bela negara. Dalam kegiatan ini pun ada penyampaian narasi kebangsaan dari perwakilan agama yang tergabung dengan FKUB Satgas Toleransi. Dengan berbagai pesan untuk generasi penerus bangsa yang akan mewarnai masyarakat kedepan, kuatkan mental dan ideologi Pancasila, pegang teguh nilai-nilai kemanusian dan sosial karena itu menjadi penyempurna dalam beragama, agar jangan terpengaruh oleh hal-hal yang dapat merusak moral dan merusak budaya. 

Diharapkan melalui kegiatan ini dapat terus menumbuhkan kesadaran untuk hidup rukun dan berdampingan dengan saudara yang berbeda tetap terjaga. Turut hadir Perwakilan Kapolres, Dandim, Camat Jatiluhur, tamu undangan dan seluruh peserta Jambore Harmoni. H.Ikshan Kamil menyampaikan orasi kebangsaan sebagai berikut: Salam Sejahtera Untuk Kita Semua. Kita mengetahui bahwa fungsi pramuka yang utama untuk generasi muda adalah sebagai alat bagi masyarakat dan organisasi. Kepramukaan merupakan alat bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat setempat, dan juga alat bagi organisasi untuk mencapai tujuan organisasinya. 

Jadi kegiatan kepramukaan yang diberikan sebagai latihan berkala dalam satuan pramuka itu sekedar alat saja, dan bukan tujuan pendidikannya. Dari sana selayaknya kita berusaha untuk meningkatkan setiap gerakan kepramukaan sebagai mana fungsinya. Sebenarnya tujuan pramuka adalah sangat mulia karena gerakan pramuka bertujuan mendidik anak-anak dan pemuda Indonesia dengan prinsip-prinsip dasar dan metode kepramukaan yang pelaksanaannya disesuaikan dengan keadaan, kepentingan dan perkembangan bangsa dan masyarakat Indonesia dengan tujuan agar: Anggota pramuka menjadi manusia yang berkepribadian dan berwatak luhur serta tinggi mental, moral, budi pekerti dan kuat keyakinan beragamanya. Anggota pramuka menjadi manusia yang tinggi kecerdasan dan keterampilannya.


Anggota pramuka menjadi manusia yang kuat dan sehat fisiknya. Anggota pramuka menjadi manusia yang menjadi warga negara Indonesia yang berjiwa Pancasila, setia dan patuh kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia; sehingga menjadi angota masyarakat yang baik dan berguna, yang sanggup dan mampu menyelanggarakan pembangunan bangsa dan negara. Sebelum kita akhiri, pramuka adalah sebuah pendidikan yang mengajarkan kita semua untuk bagaimana  bisa bermasyarakat dengan baik dan sesuai dengan semua norma. Marilah kita jadikan peringatan hari pramuka ini sebagai momentum untuk meningkatkan kualitas diri pribadi kita untuk hidup yang lebih baik, karena semua mimpi bisa menjadi kenyataan jika kita bisa bersungguh sungguh. Penulis Yohane Baptis Satgas Toleransi AKPK SMPN

Posting Komentar untuk " JAMBORE HARMONI KEBANGSAN"