Merajut Persaudaraan Sejati

Dari kiri: Dr.Ariyanto Nugroho, SKM.,M.Sc, Dr.Agus Wahyudi, Gimmy Rusdin, SE
dan Pdt.Agung Budiarto.

Minggu 20 Agustus 2023, di Aula Pastoran Gereja St.Petrus dan Paulus Klepu, telah berlangsung sarasehan kebangsaan lintas iman dengan bertemakan "Merajut Persaudaraan Sejati Dalam Kebhinekaan". Hadir dalam sarasehan ini tokoh-tokoh agama dari Kapanewon Mingir dan Moyudan, kaum muda, GP Ansor, Banser, tokoh Gereja Kristen Jawa, tokoh Gereja Kerasulan Baru, tokoh Penghayat Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa, Wakil dari Kapanewon Minggir, Danramil, Kapolsek Minggir dan dari Kelurahan Sendang Mulyo, serta dihadiri oleh 95 orang peserta.

Para peserta dan narasumber berfoto bersama

Hadir sebagai narasumber sarasehan yaitu Dr.Ariyanto Nugroho, SKM., M.Sc mewakili FKUB Kab.Sleman, memberikan materi "Mempererat Persatuan dan Kesatuan Antar Umat Beragama". Dr.Agus Wahyudi dari Pusat Studi Pancasila UGM, dengan materi "Pancasila Sebagai Dasar Ideologi Bangsa dan Negara". Gimmy Rusdin Sinaga, SE Ketua Komisi C DPDR DIY memberikan materi "Peran Legislatif dalam Berbangsa dan Bernegara" dan MY.Esti Wijayati, anggota DPR RI dari Komisi 8, dengan materi "Tantangan Bangsa Indonesia Saat Ini". Sebagai moderator Pendeta Agung Budiarto dari GKJ Pojok Sendang Agung Minggir Sleman.

Pojok kanan MY.Esti Wijayati mengajak kembali ke cita-cita negara yang termaktub dalam
 Pembukaan Undang-undang Dasar 1945

Dari sarasehan kebangsaan lintas iman ini, para peserta sepakat melanjutkan perjumpaan lintas iman seperti ini. Mereka merasa bersyukur bisa bertemu dalam perbedaan namun dalam kebersamaan. Mereka menyadari bahwa sebagai warga negara yang bernaung di bawah Pancasila memiliki rasa tanggungjawab untuk menjaga dan melestarikan serta menginternalisasi bagi generasi berikutnya. Menjaga komitmen-komitmen dalam menjaga keutuhan, persatuan dan kesatuan di bawah dasar Ideologi Pancasila. Tugas kita sekarang adalah melanjutkan tongkat estafet kepada generasi muda untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan. Pancasila memberikan arah, satu untuk semua, semua untuk semua, semua untuk satu.

 

Posting Komentar untuk "Merajut Persaudaraan Sejati"