IBADAT EKUMENE PEKAN DOA SEDUNIA DI WATES

Empat pastor dan 7 Pendeta bersama menyatu dalam doa

KULON PROGO- Ratusan umat Kristiani berkumpul di Gereja Katolik Santa Maria Bunda Penasihat Baik Paroki Wates, yang beralamat di Jln. Sanun no.23 Wates, Kulon Progo Yogyakarta mengadakan Ibadat Ekumene dalam rangka Pekan Doa Sedunia tahun 2024 pada Jumat, 19 Januari 2024 dimulai pukul 18.00 WIB. Kegiatan ini diinisiasi oleh Forum Persaudaraan Antar Gereja (FORPAG) Kulon Progo, Yogyakarta yang di pimpin oleh Yosef Ranjabar selaku Ketua Forpag Kulon Progo bekerjasama dengan Tim Pelayanan Hubungan Antar Agama dan Kepercayaan Paroki Wates yang dikoordinir oleh L.S Edi Purwanto,S.Sn.yang mengusung tema :”Kasihilah Tuhan Allah-Mu dan Kasihilah Sesamamu Manusia seperti Dirimu sendiri” (Lukas 10:27)

 L.S. Edi Purwanto selaku koordinator, menyampaikan ucapan terima kasih pada umat Kristiani yang datang dari perwakilan gereja-gereja tersebut bahwa kegiatan ibadat ekumene  ini sebagai upaya untuk menjalin persatuan kesatuan dan kebersamaan antar gereja untuk kesatuan umat kristiani yang ada di Kulon Progo,untuk saling peduli terhadap keprihatinan-keprihatinan dan masalah yang terjadi di Negara dan di dunia dalam pekan doa sedunia ( 18 sampai dengan 25 Januari 2024) ini untuk saling mendoakan dan menguatkan diantara umat..

Dalam ibadat ekumene ini dipimpin oleh Romo Dr.Aloys Budi Purnomo,Pr selaku Pastor Kepala Paroki Wates dan konselebran Romo  Iswahyudi selaku Komisi HAK Kevikepan Jogja Barat, Romo Basilius Edi Wiyanto,Pr. Paroki Wates, Romo Modestus Supriyanto,Pr. Paroki Nanggulan. Sedangkan Pendetanya yaitu :1. Pdt.Kristian Prawoko (GKJ Temon) 2.Pdt. Ch.Edy Mulyanto (GKJ Palihan) 3.Pdt.Abdi Kristiyanto (GKJ Ngulakan) 4.Pdt.Em.Amin Suroso (GKJ Ngulakan) 5. Pdt.R. Hestitama (GKJ Wates selatan) 6. Pdt.Thomas Wijayanta (GKJ Nanggulan) 7. Pdt.Martinus Dwi Anggara (GKJ Wates).Dalam jalannya ibadat Ekumene pendoanya berganti-gantian dari empat romo dan 7 pendeta dan sebagai Selebran utama romo Aloys Budi Purnomo,Pr.

Paduan Suara dari Gereja Katolik

Didalam renungan singkatnya mengatakan semoga kesatuan umat kristiani merupakan sumber perdamaian dan jadi tanda kasih Kristus bagi seluruh umat manusia. Seperti Sabda Tuhan Yesus Kristus sendiri kepada para rasul: “Damai Kutinggalkan bagimu, DamaiKu Kuberikan kepadamu” janganlah Kaupandang dosa-dosa kami, melainkan kepercayaan umat_Mu,dan berikanlah damai serta persatuan kepada kami sesuai dengan kehendak_Mu.Semoga semua yang telah dikuduskan oleh satu pembabtisan,dipererat pula oleh persatuan iman dan ikatan kasih.tuturnya. Rangkaian liturgy ibadat ekumene ini juga didukung dari dua group paduan suara dari GKJ Wates dan dari Gereja Katolik. Setelah berkat penutup para hadirin diselenggarakan untuk menikmati minuman dan makanan ala kadarnya yang bisa menambah suasana keakraban dan persaudaraan yang sejati.

Pengirim : Petrus Surjiyanta.

  

Posting Komentar untuk "IBADAT EKUMENE PEKAN DOA SEDUNIA DI WATES"