Mahasiswa Kristiani IKIP PGRI Wates Gelar Natal Bersama

             

Berfoto bersama setelah acara Natal Bersama

            Digresia Lintang Kharisma Ningtyas selaku ketua Panitia Natal menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada bapak Rektor yang telah memberikan ijin untuk penyelenggaraan acara natalan di Aula Kampus IKIP PGRI Wates. Acara natalan ini juga dikemas secara sederhana oleh Himpunan Mahasiswa Kristiani IKIP PGRI Wates dengan pujian dan  tari-tarian. Natalan ini dihadiri oleh Rektor, Warek, Dekan dan beberapa dosen serta mahasiswa kristiani IKIP PGRI Wates.

Rektor IKIP PGRI Wates Dr. Sumpono,M.Pd. menghadiri Natal bersama Keluarga Besar Himpunan Mahasiswa Kristiani IPW di Aula Kampus IKIP PGRI Wates Kulon Progo di. Jln.Kertodiningrat , Margosari ,Pengasih, Kulon Progo (6/1/2024). Pada tahun ini, perayaan Natal mengusung tema “Kemuliaan Bagi Allah dan Damai Sejahtera di bumi ” (Lukas 2:14) dengan Sub Tema ; “Menjadi manusia cerdas,tangguh, missioner, dialogis dan ekologis untuk memuliakan Allah”.

Dalam sambutannya selaras dengan tema tersebut, Rektor IKIP PGRI mengajak para mahasiswa kristiani secara khusus untuk bersyukur karena perayaan Natal tahun ini bisa terlaksana karena kerjasama yang  baik..

        Lebih lanjut, Rektor berpesan agar perayaan Natal tahun ini bisa bermakna untuk menjalin persatuan dan kesatuan serta kebersamaan antar umat beragama terutama dalam menghadapi pesta demokrasi masa yang akan datang, dengan tetap menjaga martabat dan berbudaya,

Mengingtakan juga bahwa minggu depan sudah akan menjalani Ujian Akhir Semester supaya mempersiapkan diri dengan baik dan benar supaya dapat berhasil dengan baik..

Rektor berharap perayaan Natal tahun ini dapat menjadi momentum kita untuk refleksi, mawas diri dan meningkatkan belajar dan aktivitas kuliahnya agar menjadi mahasiswa yang berkarakter, cerdas, bermartabat dan berbudaya serta bersenergi. Selamat Natal dan tahun baru 2024.pungkas dalam sambutannya.

Di hadapan para peserta Natalan Romo Dr.Aloys Budi Purnomo,Pr.dari Gereja Katolik Paroki Wates, mengatakan Kemuliaan Allah dan damai sejahtera dibumi ini bukan hal yang abstrak tapi bisa dinyatakan dalam kehidupan sehari-hari lrwat hal-hal yang sederhana. Di civitas akademika IKIP PGRI Wates ini yang menyiapkan generasi muda bangsa calon pendidik-pendidik masa depan dan dilaksanakan dengan bermartabat dan berbudaya ini sangat istimewa.Maka tema natal Kemuliaaan bagi Allah pertama tama kita harus menyadarai dan mengenal jati diri kita sebagai manusia yang diciptakan sebagai Citra Allah. Kata Allah memiliki tiga makna yaitu Allah Sang Pencipta, Allah Sang Khalik dan Allah menciptakan makhluk. 

Manusia yang diciptakan oleh Sang Khalik diberi akal budi untuk memuliakan Allah.Menurut pujangga Santo Irenius bahwa Kemuliaan Allah itu akan terwujud kalau martabat dan budaya manusia itu dibela dan dijunjung tinggi dan dihormati. Membela dan menghormati martabat manusia serta menjnjung tinggi maka Kemuliaan Allah dihadirkan dalam kehidupan sehari-hari.  Dalam akhir renungannya Romo Dr. Aloys Budi Purnomo,Pr. juga mendoakan agar kampus IKIP PGRI Wates ini bisa menjadi kekayaan daerah, dengan mengembangkan budaya local dengan bermartabat untuk pendidikan tinggi martatabt manusia mengembangkan dialogis dan ekologis sehingga bermanfaat bagi masyarakat serta bisa semakin tumbuh dan berkembang lebih maju dan berkualitas.mengakhiri renungannya.

Petrus Surjiyanto, sebagai Dosen Agama Katolik menjelaskan bahwa acara natal bersama ini, juga mengacu pada program Keuskupan Agung Semarang dalam rangka Formatio Iman Berjenjang Berkelanjutan (FIBB), khususnya menyangkut PIOM (Pendampingan Iman Orang Muda) dan PIOD (Pendampingan Iman Orang Dewasa).  Dipenghujung acara juga dibagikan berbagai macam door price untuk peserta yang hadir yang telah disediakan oleh Panita Natal HMK IKIP PGRI Wates.

Posting Komentar untuk "Mahasiswa Kristiani IKIP PGRI Wates Gelar Natal Bersama"