Hari bersejarah 27 Desember

Selamat pagi, salam sejahtera

Tanggal 27 Desember termasuk hari yang bersejarah bagi Bangsa Indonesia. Tepatnya tanggal 27 Desember 1949, meruapakan hari pengakuan kemerdekaan Indonesia oleh Belanda. Setelah Proklamasi Kemerdekaan RI 17 Agustus 1945, Belanda beljum mengakui kemerdekaan Republik Indonesia. Belanda tidak rela melepaskan wilayah NKRI, karena selama 3 abad menjadi wilayah jajahannya. Kemudian mengirimkan pasukannya ke Indonesia, dan mengadakan agresi militer.

Agresi militer dilaksanakan dua kali, pertama pada 21 Juli sampai dengan 5 Agustus 1947. Agresi militer kedua pada 19 Desember 1948. Agresi Militer Belanda II, dilancarkan pada 19 Desember 1948, yang menyerang Yogyakarta. Pada waktu itu Yogyakarta menjadi pusat pemerintahan (Ibu Kota RI). Dengan peperangan tersebut kedua belah pihak telah menimbulkan korban di kedua belah pihak. Upaya perdamaian dilakukan dengan diplomasi-diplomasi.

Diplomasi dengan perundingan-perundingan yang dibantu oleh Negara pendukung kemerdekaan, terjadi pada perjanjian Linggarjati, Renville sampai Roem Roijen. Perundingan-perundingan tersebut akhirnya Belanda mengakui kemerdekaan Indonesia pada 27 Desember 1949. Penyerahan dilakukan sebanyak 3 kali. Pertama di Istana Op de Dam Amsterdam, dalam KMB (Konferensi Meja Bundar) dimana Mohamad Hatta sebagai pemimpin delegasi Indonesia. Kedua dilakukan di Istana Negara Jakarta. Pihak Belanda diwakili oleh Tony Lovink dan Indonesia diwakili oleh Sri Sultan Hamengku Buwana IX. Setelah itu di depan Istana Merdeka, Bendera Merah Putih Biru  diturunkan dan Bendera Merah Putih dinaikkan. Pada hari yang sama penyerahan kedaulatan ketiga dilaksanakan pada rapat Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP) di Gedung Negara Yogyakarta.

Mari kita syukuri dan kita doakan para korban perang, para pahlawan dan perwakilan perundingan yang mengupayakan perdamaian. Semoga mereka mendapatkan kehidupan yang damai dan abadi di surga. Kedaulatan yang sudah kita dapatkan menjadi sarana untuk membangun bangsa dan negara yang berkeadilan, makmur, aman dan damai sejahtera.

 



 



Posting Komentar untuk "Hari bersejarah 27 Desember "