REKOLEKSI MAHASISWA KATOLIK PERGURUAN TINGGI UMUM PURWAKARTA

Mahasiswa Katolik yang tergabung dalam Keluarga Mahasiswa Katolik Perguruan Tinggi Umum  Purwakarta

Swaraarum.com. Purwakarta
.  Mahasiswa Katolik yang tergabung dalam Keluarga Mahasiswa Katolik Perguruan Tinggi Umum  Purwakarta mengadakan rekoleksi dan ziarah rohani dengan tema Menjadi Saksi Keselamatan. Rekoleksi dilaksanakan tanggal 11 dan 12 Desember 2021. Bertempat di kebun persahabatan Kampung Panenjoan, Purwakarta. Kegiatan diikuti 16 Mahasiswa-mahasiswi dan para guru Agama Keagamaaan pendalaman Kitab-kitab. Pemateri dibawakan langsung oleh  Rama Thomas Sunarto dan Rama Franki P. Pitoy, Pr,. Pendamping Fr. Jojo dan Koordinator OMK, Seksi Kepemudaan DPP.

Rekoleksi diawali dengan kerja bakti memasang tenda dan menyiapkan tempat.  Dengan gotong royong mereka membersihkan pendapa yang akan ditempati dalam rekoleksi. Setelah itu kegiatan rekoleksi dibawakan oleh Bapak Stevanus Seksi Kepemudaan Paroki Salib Suci Purwakarta dan Ibu Flora Koordinator OMK. Beliau berdua berbicara tentang peran orang muda Katolik dengan pertanyaan refleksi.

Sesi berikutnya diberikan oleh Bhante Kamsai dengan mengajak Mahasiswa menyadari relasi antara alam, tumbuhan dan binatang yang begitu indah. Di kebun persahabatan saling mengasihi satu sama lain, jangan pernah melihat orang dari  tampilan luar seseorang, tapi lihat batin dan hati dalam setiap perjumpaan. Bhante Kamsai mengajak praktek mencintai alam, membersihkan plastik-plastik sekitar kebun dan menyiangi rumput serta merawat alam.

Frater Jojo dalam sesi sore mengajarkan doa Kerahiman Ilahi dan sharing pengalaman Panggilan menjadi calon Imam. Sharing diawali dari perjalanan di Seminari Tinggi Fermentum sebagai awal untuk menempa panggilan. Malamnya Rama Thomas Sunarto membawakan materi Ajaran Sosial Gereja yang dikemas dalam sharing pengalaman yang sangat menarik dan sederhana “apa yang harus kamu lakukan kaum muda. Rama Narta  mengajarkan meditasi Kristiani, menyadari nafas yang kita hirup dan menyadari setiap nafas kehidupan.


Pagi harinya Rama Narto dan Frater Jojo serta mahasiswa  melepaskan burung tekukur tanda bahwa alam dan manusia berelasi dan harmoni. Hari Minggu materi dibawakan oleh Rama Franki tentang keluarga mahasiwa Katolik dan spiritualitasnya. Dilanjutkan gerak langkah tahun 2022 Keluarga Mahasiswa Katolik akan mengadakan Ziarah ke Gua Maria Tritis Wonosari.

Misa penutupan rekoleksi dibawakan Rama Franki. Beliau pesan, sebagai mahasiswa Katolik harus berani dan konsisten dalam setiap gerak serta langkah.  Mahasiswa Katolik harus tumbuh dan berkembang dalam iman, harapan, dan kasih. Terlibat dalam keluarga Mahasiswa Katolik menebar semangat dan pengharapan Iman Katolik.

Salam Yohanes Baptis

1 komentar untuk "REKOLEKSI MAHASISWA KATOLIK PERGURUAN TINGGI UMUM PURWAKARTA"

  1. Mantaps semoga rekoleksi ini membuat para Mahasiswa Purwakarta makin kritis dan peduli akan alam serta lingkungan disekitar keberadaannya.👍👍🙏

    BalasHapus