SELAMAT HARI INFANTRI

Selamat pagi, salam bahagia

Tanggal 15 Desember merupakan Hari Infanteri atau Hari Juang Kartika TNI Angkatan Darat. Sebagai peringatan atau mengenang kemenangan Tentara Keamanan Rakyat  melawan penjajah di Ambarawa, 12 – 15 Desember 1945. Monumennya Bernama Monumen Palagan Ambarawa, terletak di jalan Mgr.Sugiyapranata Ambarawa Semarang Jawa Tengah.

Palagan Ambarawa (peperangan Ambarawa) terjadi pada tanggal 12-15 Desember 1945. Pasukan Sekutu yang terdesak di Magelang, mundur ke Ambarawa. Tentara Keamanan Rakyat yang dipimpin Kolonel Sudirman berhasil menghancurkan tantara Sekutu pada 15 Desember 1945. Kemudian tanggal tersebut menjadi Hari Infanteri atau Hari Juang Angkatan Darat.

Monumen Palagan Ambarawa dibangun tahun 1973 dan diresmikan pada 15 Desember 1974 oleh Presiden Soeharto. Di monumen Palagan Ambarawa disimpan peninggalan Jepang dan Belanda. Senjata perang dan seragam tentara Jepang, Belanda dan seragam tentara Indonesia. Barang lain yang besar dipasang di pelataran monument: tnak dan pesawat terbang Mustang.  

Tokoh-tokoh penting dalam Palagan Ambarawa adalah Letnan Kolonel Isdiman, Koloner Soedirman, dan M.Sabrini. Koloner Isdiman, memimpin pasukan saat menghadang tentara Sekutu yang mencoba menguasai 2 desa di sekitar Ambarawa. Ia bersama pasukannya mencoba membebaskan kedua desa, tapi naas Letkol Isdiman gugur dalam pertempuran. Kolonel Soedirman, Saat pertempuran di Ambarawa sebenarnya Kolonel  Soedirman sebagai Komandan Devisi V Banyumas. Beliau menggantikan Letkol Isdiman yang gugur. M Sabrini memimpin pasukan TKR (Tentara Keamanan Rakyat) Resimen Magelang saat berlangsungnya Pertempuran Ambarawa. Ketika tentara Sekutu berusaha melucuti senjata milik TKR, pasukan yang dikomandoi M Sabrini mengadakan pengepungan tentara Sekutu dari segala penjuru.

Monumen Palagan Ambarawa

Selamat Hari Infantri, semoga semangat juang mempertahankan kedaulatan NKRI para pahlawan Palagan Ambarawa menjadi semangat perjuangan generasi ini untuk membangun negeri dan menegakkan kedaulatan NKRI.

 

 

Posting Komentar untuk "SELAMAT HARI INFANTRI"