GAMELAN

Selamat pagi salam bahagia
Hore…! Gamelan resmi ditetapkan sebagai Warisan Budaya Takbenda (
Intangible Cultural Heritage) oleh UNESCO

Gamelan resmi ditetapkan sebagai Warisan Budaya Takbenda (Intangible Cultural Heritage) dalam Sidang UNESCO sesi ke-16 Intergovernmental Committee for the Safeguarding of the Intangible Cultural Heritage di Paris, Perancis 15 Desember 2021. Inskripsi gamelan, yang nominasinya diajukan oleh Indonesia sejak tahun 2019, menjadi warisan budaya ke-12 Indonesia yang diakui oleh UNESCO.

Sebelumnya telah ditetapkan UNESCO warisan budaya Indonesia lainnya yaitu: wayang, keris, batik, Pendidikan dan pelatihan membatik, angklung, Tari Saman, tiga genre tari Bali, noken, pinisi, pencak silat, dan pantun. Dengan penetapan ini, semakin nyata bahwa Indonesia kaya akan warisan budaya yang bernilai tinggi. Kita tetap berharap masih banyak warisan budaya yang perlu diajukan ke UNESCO.


Gamelan adalah sebuah musik ensambel tradisional. Populer di wilayah Jawa, Sunda, dan Bali. Gamelan menggunakan skala nada pentatonis dalam sistem skala nada (laras) slendro dan pelog. Dalam satuan gamelan, terdiri dari instrumen musik perkusi yang digunakan dalam seni karawitan. Instrumen yang paling umum dipakai adalah keluarga metalofon seperti gangsa, gender, bonang, gong, dan saron. Selain itu juga menggunakan alat-alat musik membranofon, idiofon, aerofon, dan xilofon yang diisi dengan instrumen tradisional Jawa dan Bali.

Sebagai sebuah ensambel, seperangkat gamelan memiliki 14 instrumen: kendang, saron, demung, bonang, kenong, gong, kempul, gambang, slenthem, siter, rebab, salimg dan kemanak. Semoga dengan semakin banyaknya warisan budaya yang ditetapkan oleh UNESCO semakin menyaradarkan bahwa kita memang kaya budaya yang bernilai tinggi dan luhur. Disamping itu kita terpanggil untuk menggali kasanah budaya dan melestarikannya. Gamela memiliki dimensi seni (musik, ukir) dan dimensi religious, karena untuk mengiringi tembang-tembang doa dan puji-pujian. Gamelan bisa berkolaborasi cantik dengan seni lain, seperti tari, wayang bahkan dengan liturgi atau ritus keagamaan.

Gamelan dalam perayaan Ekaristi Gereja Katolik

Semakin bangga dengan budaya Indonesia  

Posting Komentar untuk "GAMELAN"