Spiritual Dalam Proses Karya Seni

DR. Drs. Hajar Pamadhi MA (Hons), membedah Spiritual Dalam Filsafat Seni 

Kelompok Bhellgejrets kembali mengadakan aktivitas seni yang bertajuk diskusi dengan tema spiritual dalam proses karya seni dan penambahan karya baru 3 dimensi luar ruangan. Karya berjudul bunga raflesia dengan bahan tembaga dipasang di depan galeri leman. Patung Gajahmada dengan postur muda dan ramping berisi menghiasi stage Leman Art House.

Diskusi bertempat di Leman Art House dimulai jam 16.00, Rabu 15 desember 2021. Antusias peserta sangat tinggi yang ikut daring maupun luring. Moderator DR (Cand) Retno Anjarwati ST, MT mengawali diskusi dengan apik dan komunikatif. Sementara itu pembawa materi DR. Drs. Hajar Pamadhi MA (Hons)  memaparkan dengan gamblang dan detail. Membedah Spiritual Dalam Filsafat Seni dikupas tuntas. Peserta dari kalangan mahasiswa pasca sarjana beberapa Perguruan Tinggi merasa seperti ikut kuliah dalam diskusi ini.

Patung Gajahmada (tengah) dengan postur muda dan ramping berisi menghiasi stage Leman Art House.

Proses karya seni tidak bisa dipisahkan dengan spiritual, apalagi sudah sampai pada tataran rasa dan raos. Ditambahkan pula bagaimana mengapresiasi karya seni dulu sekarang dan akan datang bergerak dinamis. Kondisi pandemi menjadikan ruang seni luring /online tumbuh pesat dengan berbagai event. Tentunya dulu tidak pernah dibayangkan akan ada pameran virtual.

Mengakhiri diskusi Hajar Pamadhi menegaskan setiap orang berkarya dengan gaya masing masing . Pemahaman bentuk melalui laku spiritual baik vertikal maupun horizontal  dan mencoba mereprentasikan dalam karya.

Posting Komentar untuk "Spiritual Dalam Proses Karya Seni"