Menghidupi Kembali Pancasila

 Senang, bersyukur dan terima kasih karena disahkannya Perda Tentang Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan oleh DPRD DIY, 14 Februari yang lalu. Dengan disahkannya perda tersebut akan menopang dan memperkuat keberadaan BPIP (Badan Pembinaan Ideologi Pancasila). Berharap Perda ini menginspirasi daerah-daerah yang lain, untuk membuat dan mengimplementasikan Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan.

Selamat pagi Nusantara, salam bahagia sejahtera

Swaraarum.com. Memang dirasakan, sejak reformasi 1998, kata Pancasila menjadi jarang diucapkan, bahkan nyaris tak terdengar. Mengkritisi sesuatu dinamika hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dengan Pancasila “dicibir” lalu dikatakan “tidak reformis”. Reformasi seakan menjadi ideologi baru dalam bermasyarakat berbangsa dan bernegara. Meskipun dalam Ketetapan MPR RI No. XVIII/MPR/1998 tentang Pencabutan Ketetapan MPR RI No. II/MPR/1978 tentang Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila (Ekaprasetya Pancakarsa) dan Penetapan tentang Penegasan Pancasila sebagai Dasar Negara. Meski Pasal 1  “Pancasila sebagaimana dimaksud dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 adalah dasar negara dari Negara Kesatuan Republik Indonesia harus dilaksanakan secara konsisten dalam kehidupan bernegara”, namun dalam praktek kehidupan berbangsa dan bernegara dirasa kurang.

Setelah satu decade atau 20 tahun setelah reformasi, masyarakat kembali tersadarkan bahwa nilai-nilai Pancasila perlu diaktualisasikan kembali, menjadi ideologi, falsaafah hidup bangsa dan dasar negara kesatuan RI. Karena memang Pancasila yang dapat mempersatukan bangsa Indonesia. Melalui berbagai upaya, membentuk BPIP, revisi-revisi peraturan, sarasehan, seminar, musyawarah dan dialog-dialog antar tokoh masyarakat dan agama.

Kita sambut dengan semangat kehadiran peraturan dan perundangan tentang Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan serta implementasinya. Kita sambut juga dengan gembira Gerakan-gerakan masyarakat yang mengembalikan Pancasila sebagai ideologi, falsafah hidup bangsa dan dasar negara.

Semoga niat baik kita diberkati oleh Tuhan Yang Maha Esa.

Posting Komentar untuk "Menghidupi Kembali Pancasila"