Peringatan dini dan tindakan dini.

Selamat pagi saalam sejahtera

Judul tulisan ini adalah tema Hari Meteorologi Sedunia ke-72 yang jatuh pada tanggal 23 Maret. “Early Warning and Early Action, and spotlights the vital importance of Hydrometeorological and Climate Information for Disaster Risk Reduction”. Demikian tema lengkapnya. Tema tersebut kiranya tepat untuk saat ini, dimana perubahan iklim yang tidak teratur dan ekstrim. Peringatan dini sangat penting untuk kesiapsiagaan dan tanggapan cepat dalam penanggulangan bencana. Dengan demikian akan semakin banyak yang diselamatkan, khususnya jiwa manusia.

Hari Meteorologi Sedunia diabil dari berdirinya Organisasi Meteorologi Sedunia (WMO=World Meteorological Organization) pada tanggal 23 Maret 1950.  Lembaga ini dibawah naungan Perserikatan Bangsa-Bangsa. Di Negara kita memiliki Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika. Sejarah panjang BMKG dimulai dari pengamatan yang dilakukan oleh perorangan pada tahun 1841 yaitu Dr.Onnen, seorang Kepala Rumah Sakit di Bogor. Kegiatan tersebut berkembang, dilembagakan oleh pemerintahan Belanda, dan terakhir dengan nama BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika melalui Peraturan Presiden No.61 Tahun 2008, kemudian ditetapkan dengan Undang-undang No.31 Tahun 2009 tentang Meteorologi dan Geofisika, dan disahkan pada 1 Oktober 2009.

Kita merasakan manfaat BMKG ini, setiap hari kita bisa mendengarkan atau melihat berita tentang prakiraan cuaca di berbagai kota atau wilayah di Indonesia.  Demikian pula dengan peringatan dini tentang kecepatan angina, gempa bumi, tsunami dan erupsi gunung berapi. Satu hal yang mesti disertakan dalam tulisan ini adalah mitra kerja BMKG yaitu BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) dan di tingkat daerah adalah BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah). Ini berkaitan dengan tema “Peringatan Dini dan Tindakan Dini”. Peringatan dini dilakukan oleh BMKG yang secara terus menerus mengamati cuaca, perubahan iklim dan gerakan-gerakan gempa bumi dlnya, dengan demikian tindakan dini dan lebih cepat juga bisa dilakukan oleh mitranya, BNPB dan BPBD.

Sebagai warga masyarakat sekiraanya baik juga kita menjadi aktif ikut serta mengikuti terus berita-berita dari BMKG setiap hari. Sehingga kita sebagai warga juga dapat mengambuil tindakan dini untuk keselamatan diri dan lingkungan kita. Baik juga kiranya kita ucapkan terima kasih kepada aktivis di BMKG, BNPB, BPBD dan relawan-relawan yang selalu siaga membantu memberi pertolongan kepada korban bencana (swaraarum).   

 


Posting Komentar untuk "Peringatan dini dan tindakan dini."