Mari berdoa untuk negeri

 

Selamat pagi salam bahagia sejahtera

Kemuliaan bagi-Mu Tuhan yang Maha Esa.

Tuhan, kami bersujud di depan altar-Mu, menghadap dan menghaturkan puji syukur dihadapan-Mu. Kami bersyukur atas tanah air kami yang luas, subur, mengalir air kehidupan yang tak pernah berhenti. Kami bersyukur atas tanah air yang kaya raya dengan aneka ragam flora dan fauna. Aneka tetumbuhan yang Engkau sediakan bagi kebutuhan hidup manusia dan ciptaan lainnya. Aneka binatang merayap dan berkaki. Aneka ikan-ikan di laut yang indah dan mempesona. Aneka burung-burung yang beterbangan dengan bulu-bulu yang indah dan menawan.

 

Kami bersyukur atas himpunan masyarakat yang memenuhi tanah air, dengan aneka ragam suku, budaya, religiousitas, pendidikan, pola hidup, kearifan local. Meski demikian kami dapat hidup rukun, saling menghormati, menghargai, bergotongroyong, bahu membahu. Kami bisa hidup bersama, bersaudara, damai dan sejahtera.

 

Kami bersyukur atas pembangunan dan kemajuan bangsa kami. Semakin banyak sarana dan prasarana dibangun untuk kesejahteraan rakyat. Bersyukut pula kami diberikan pemimpin-pemimpin yang arif dan bijaksana, yang tidak mementingkan diri sendiri, kelompok atau golongannya, namun memimpin dan membawa rakyatnya menuju sejahtera, adil makmur dan damai. Kami bersyukur atas Pancasila yang menjadi dasar negara, menjadi falsafah dan pandangan hidup bangsa. Pancasila yang menjadi ideologi dan moral bangsa kami. Kami bersyukur dan mohin berkah bagi para pahlawan bangsa, leluhur dan nenek moyang kami yang telah memeliharan tanah air sehingga boleh dinikmati oleh generasi selanjutnya. Mereka telah dengan iklas “memayu hayuning buwana”.

 

Kami mohon rahmat dan berkat-Mu, agar kami selalu dapat bersyukur dan berterima kasih atas segala pemberian-Mu. Kuatkan kami agar dapat memupuk semangat persaudaraan antar warga masyarakat. Jauhkan masyarakat kami dari perselisihan, perpecahan dan percekcokkan yang dapat menghancurkan dan meluluhlantakkan negeri kami.

 

Kami mohon, sadarkanlah pula para pemimpin dan saudara-saudara kami yang masih terbelenggu oleh egoism pribadi, kelompok atau golongan. Bukalah mata, telinga dan hati mereka agar mampu mengalahkan egoism dan kepentingan-kepentingan yang tidak sejalan dengan moral Pancasila sebagai asaz hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

 

Tuhan, jadikanlah kami pembawa damai, terang, dan harapan. Kuatkan kami agar mampu menjadi utusan-Mu untuk memelihara kkeutuhan seluruh alam ciptaan. Mampu ikut serta memayu hayuning buwana.  Kemuliaan bagi-Mu Tuhan Pencipta langit dan bumi, asal dan tujuan hidup kami.

 

 

 

Posting Komentar untuk "Mari berdoa untuk negeri"