SAMBUT BULAN KATEKESE ASG OMK KLEPU PLUS GELAR SARASEHAN DOCAT

Wajah-wajah ceria OMK Paroki Klepu yang sedang mempersiapkan Sarasehan Ajaran Sosial Gereja "DOCAT", Minggu 22 Agustus 2022, di Sendang Jatiningsih (foto.dok.omk).

Bulan Agustus telah ditetapkan menjadi Bulan Katekese Ajaran Sosial Gereja. Pada bulan ini umat diajak merefleksikan keterlibatannya dalam kehidupan sosial kemasyarakatan. Salah satu refleksi yang dilakukan adalah bagaimana umat katolik terlibat dalam pergerakan kemerdekaan Republik Indonesia dan keterlibatan dalam mengisi dan membangun bangsa dan negara. Bulan Katekese Ajaran Sosial Gereja juga bertujuan untuk mengajak umat katolik semakin terlibat dalam kehidupan bermasayarakat, berbangsa dan bernegara. Kegembiraan dan harapan, duka dan kecemasan bangsa Indonesia juga menjadi kegembiraan dan harapan, duka dan kecemasan umat Katolik.

Bagi kaum muda Katolik, materi sosialisasi Ajaran Sosial Gereja ini dirangkum dalam Buku DOCAT, yaitu buku Ajaran Sosial Gereja yang dikemas untuk kaum muda. DOCAT merupakan singkatan dari “DO (to do) ” dan “CAT (cathecism)”. Jadi DOCAT berisi ajaran-ajaran sosial Gereja Katolik yang ditulis dengan gaya khas YOUCAT (katekese untuk kaum muda). DOCAT ini sangat cocok untuk kaum muda yang mau mengerti tentang ajaran-ajaran sosial Gereja Katolik dengan mudah. Dengan DOCAT, kaum muda diharapkan dapat mengajarkan ajaran sosial Gereja kepada rekan muda lainnya. Dalam buku DOCAT terdapat 12 tema bahasan tentang Ajaran Sosial Gereja.

Menyambut Bulan Katekese Ajaran Sosial Gereja tahun 2022 ini, OMK Klepu Plus Timja Kerasulan Kemasyarakatan, Timja Pewaartaan dan Tim Pengembangan Sendang Jatiningsih akan menggelar sarasehan dengan tema Kekuasaan dan Moralitas. Ada 3 tema dari 12 tema dalam DOCAT yang akan dibahas dalam sarasehan, yaitu: Prinsip-prinsip Ajaran Sosial Gereja, Kekuasaan dan Moralitas, kemudian Pekerjaan dan Panggilan.  

Untuk tema Prinsip-prinsip Ajaran Sosial menghadirkan Diakon Agustinus Daryanto dari Kolese St.Ignatius Kotabaru. Kekuasaan dan Moralitas, akan menghadirkan narasumber ‘dua pejabat di pemerintahan Kecamatan Minggir bapak Aloysius Ferry Hermanto, S.IP, M.As.Gov, dan pejabat di Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Pemkot Yogyakarta bapak Ds.Wasesa, SH. Sedangkan tema Pekerjaan dan Panggilan, akan direfleksikan oleh senior-senior OMK Paroki Klepu yang sudah menapaki dunia kerja. Mereka adalah: Yolanda Chesa Anggiya, Tenaga Kependidikan P2TKP USD, Mantan Wakil Ketua OMK, Koordinator Lektor, Pendidikan Sarjana Psikologi USD. Pengalaman Organaisasi; Wakil Ketua OMK Klepu tahun 2018-2021; Koordinator Lektor Klepu 2014-2021. Frederikus Bagus Efendy, Kepala Dukuh, mantan Ketua Bidang Pengembangan Minat dan Bakat OMK Klepu. Karang Taruna, pelatih Futsal. G.Indra Widi Tamtama. Dosen Sistem Informatika UKDW. Pengalaman Organisasi: Putra Altar, OMK,   Ketua Bidang Organisasi, Keanggotaan dan Kaderisasi Pemuda Katolik Komda DIY, Aktivis ISKA, Komsos PEPAK, Komsos Keyobar, relawan Pegasus. Valentinus Budianto, Pendidikan Sarjana Manajemen. Pekerjaan wiraswasta: Founder ValenCraft dan Kasihingorganizer. Pengalaman organisasi: Komisi Kepemudaan Kevikepan DIY, Pengurus OMK Klepu 2018-2021.

 

Peserta dari Paroki Klepu perwakilan dari lingkungan minimal 2 orang muda, dan terbuka untuk orang muda katolik dari paroki lain, dengan mendaftar di gogle form:

 

https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSf0RNqV45TjGycjOxJVN85tyQKM-UJD0VWRAaZMhIs2MsS9Qw/viewform

Halooow semua!!

Tim Pelayanan Kerasulan Awam dan Pewartaan bersama OMK  akan mengadakan Sarasehan Ajaran Sosial Gereja (ASG) dengan mengusung tema "Moralitas, Pekerjaan, dan Kekuasaan". Acara ini akan diadakan pada: Minggu, 21 Agustus 2022, pukul; 09.00 WIB, tempat; Gua Maria Ratu Perdamaian Sendang Jatiningsih.

Sarasehan ini akan mendatangkan banyak narasumber kece yang sayang untuk kalian lewatkan loh!😏 Nah, penasaran kan acaranya bakal kayak apaaa? Yuk langsung daftar dan ramaikan:) Langsung isi form di bawah ini ya, paling lambat tanggal 19 Agustus pukul 17.00😙 Terima kasih🫶🏻

https://bit.ly/SarasehanASG

P.S. setiap lingkungan dimohon mengirim minimal 2 (dua) orang Muda Kontribusi setiap peserta ditanggung oleh lingkungan sebesar Rp10.000 yang diserahkan saat pelaksanaan acara.

 

:

 


Posting Komentar untuk "SAMBUT BULAN KATEKESE ASG OMK KLEPU PLUS GELAR SARASEHAN DOCAT"