RS Panti Nugroho Berikan Pelatihan Bantuan Hidup Dasar

Pelatihan dan edukasi Bantuan Hidup Dasar di RS.Panti Nugroho
bersama Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi DIY

PAKEM, Senin, 21/2/2023. 

Bertepatan dengan bulan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), Rumah Sakit Panti Nugroho memberikan pelatihan dan edukasi Bantuan Hidup Dasar (BHD) yang bermanfaat bagi mayarakat awam terlebih dalam kehidupan harian maupun keselamatan selama bekerja. Kegiatan Bhakti Rumah Sakit Panti Nugroho bertepatan dengan bulan K3 ini bekerjasama dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi DIY. 

Humas RS Panti Nugroho, Budi Purwanto mengatakan, kegiatan ini dihadiri oleh lebih dari 50an peserta yang terdiri dari pelaku UMKM Kabupaten Sleman, sebagian dari Kota Yogyakarta serta relawan dari sekitar rumah sakit. 

Sementara itu, Direktur RS Panti Nugroho, dr. Henry Widyanto Handoko Saputro, MBA mengapresiasi atas sukses dan antusiasme peserta yang mengikuti dan mempraktekkan pelatihan BHD ini.  “Kehadiran bapak dan ibu dalam pelatihan  adalah bukti nyata bahwa  ada kepedulian dari bapak dan ibu yang memiliki keinginan untuk dapat membantu, menolong sesama. Dengan diawali keinginan dan dilanjutkan dengan pelatihan BHD ini semoga banyak orang yang dapat terselamatkan sebelum para tenaga medis datang untuk memberikan pertolongan lebih lanjut” tandas Henry.

Para peserta pelatihan dan edukasi Bantuan Hidup Dasar di RS.Panti Nugroho Sleman

Kegiatan Bhakti RS Panti Nugroho terhadap BHD ini juga dihadiri oleh Kabid Pengawasan Ketenagakerjaan dan K3 Disnakertran DIY, Amin Subagus, SKM, M.Kes dan menyampaikan materi penerapan budaya K3 pada sektor Usaha Mikro Kecil, agar pelaku usaha kecil tetap memperhatikan aspek keamanan dan keselamatan selama bekerja. Ia menambahkan dengan kegiatan BHD ini akan  terwujud seperti syair lagu kebangsaan RI, yaitu bangunlah jiwanya, bangunlah badannya untuk Indonesia Raya.

Pada pelatihan ini selain diberikan materi teori oleh tim Bantuan Hidup Dasar Rumah Sakit, para peserta satu persatu  juga melakukan praktik pemberian Bantuan Hidup Dasar. Sebelum dan sesudah pelatihan, peserta  dites sejauh mana materi yang telah disampaikan dapat dimengerti dan dipahami oleh para peserta. Maka dalam pelatihan ini RS Panti Nugroho sebagai  penyelenggara, juga melakukan pretest dan post test dan hasilnya memuaskan yakni materi pelatihan BHD bisa diterima dengan baik. Peserta juga diberikan sertifikat pelatihan BHD.

Sementara itu menutup kegiatan ini, Sr. Theresiana, CB membagikan eco enzim kepada peserta dan memaparkan manfaatnya.

(Penghubung: Budi Purwanto Humas RS Panti Nugroho Hp. 081804099329

Posting Komentar untuk "RS Panti Nugroho Berikan Pelatihan Bantuan Hidup Dasar "