SEMILOKA DAN MEMBERS GATERING FKUB KABUPATEN PURWAKARTA

Semiloka dan Members Gatering FKUB Kabupaten Purwakarta
Rabu 10 Mei 2023

Rabu, 10 Mei 2023 Romo Rudiyanto, Pr dan Diakon Bonaventura Priyo Sutedjo, Pr, beserta rombongan yang terdiri dari David, Hotner dari Paroki Salib Suci Purwakarta dan Pastor Paroki Santa Maria Kota Bukit Indah Purwakarta mengadakan kegiatan semiloka dan members gatering. Penyelenggara dari Kementerian Agama  Kabupaten Purwakarta dan pelaksana FKUB Kabupaten Purwakarta. Dari Perwakilan FKUB Islam, Hindu, Katolik, Buddha, Kristen dan keluarga-keluarga generasi FKUB Purwakarta.  Ketua FKUB Kabupaten Purwakarta Kyai Jhon Dien bersama H. Sopian Kepala Kemenag, H Agus Kasubag TU Kementerian Agama Purwakarta membuka acara semiloka dan Members Gatering dengan dialog dan diskusi tentang kurukunan antar umat beragama.  

Kyai Jhon Dien mengatakan dengan perjumpaan yang penuh kekeluargaan dengan dialog yang akrab dan saling menguatkan persaudaraan dalam toleransi. H.Sopian menegaskan pentingya semakin Perkokoh Toleransi dan Moderasi Beragama dengan program mendirikan kampung moderasi tingkat kecamatan dan tiap kecamatan ada kampung moderasi saling gotong royong dan bergerak membangun persaudaraan dalam keberagaman. H.Agus dalam paparan materi menyampaikan dengan diadakan members Gatering adanya regenari pengurus FKUB Purwakarta kedepan dengan semakin melibatkan semua unsur agama dan saling koordinasi dan komunikasi dalam berdialog menjaga kerukunan antar agama, kerukunan seagama dan kerukunan beragama dengan pemerintah. 

H. Agus juga menekankan kesediaan membangun toleransi dari hati untuk berlaku ikhlas diikuti aksi-aksi meringankan beban saudara tanpa memandang sekat-sekat pembeda adalah bagian wujud nyata praktik toleransi. Ketika seseorang terpanggil hatinya untuk berderma misalnya, maka yang muncul dalam pikiran dan hatinya hanyalah bagaimana orang lain meski itu berbeda keyakinan juga tetap terjaga keselamatan jiwa, akal dan kehidupannya. Mereka tidak lagi berpikir kerdil dengan hanya berupaya mengutamakan nasib atas dirinya sendiri. Sikap-sikap positif ini harus dirawat meski seringkali dihadapkan pada situasi penuh keterbatasan. 

Outbond menjadi salah satu acara untuk saling mengakrabkan satu sama lain 

Di tengah keberagaman yang dimiliki bangsa ini, terjaganya sikap peduli sekaligus menghormati nilai-nilai kemanusiaan adalah hal yang menjadi keharusan. Dari praktik toleransi inilah yang sejatinya mampu membangun solidaritas tinggi dan memperkokoh nilai persatuan bangsa. Bangunan toleransi ini juga perlu terus diperkuat sebagai pengikat rasa kebersamaan anak bangsa. Toleransi ini hanya bisa terwujud dengan baik jika masing-masing individu berlaku adil, berimbang dan menaati konstitusi yang menjadi kesepakatan berbangsa. 

Esensi-esensi praktik toleransi ini secara lebih komprehensif. Jelas sekali bahwa toleransi, baik yang bersifat intra-agama maupun antaragama adalah sebuah jalan kedamaian bagi semua pihak. Toleransi ini juga menjadi pilar penting bagi tegaknya demokrasi di Indonesia. Dengan kesadaran ini maka sudah seharusnya menjadi tanggung jawab bersama agar toleransi ini bisa terus terwujud di tengah-tengah masyarakat terutama bagi Purwakarta Harmoni, Toleransi, Damai dan Istimewa. 

Acara selanjutnya diadakan Outbound dan dinamika kelompok dilaksanakan setelah semiloka dengan games-games konsentrasi kekompakan antar pengurus FKUB dengan bercanda bergurau dan saling menguatkan sekaligus outbound Flying Fox untuk Wahana Outbound, jalan diatas tali, berjalan dijembatan gantung, berjalan diatas kayu curam yang diikuti generasi lintas FKUB. Makna dari kegiatan ini adalah semakin menguatkan persaudaraan antar umat beragama dan meningkatkan kerukunan antar umat beragama yang semakin harmoni. 
Penulis Yohanes Baptis Guru AKPK SMPN Purwakarta 

Posting Komentar untuk "SEMILOKA DAN MEMBERS GATERING FKUB KABUPATEN PURWAKARTA"