25 Tahun Forum Masyarakat Katolik Indonesia


Embrio Forum Masyarakat Katolik Indonesia (FMKI) digagas oleh eksponen Katolik Regio Jawa pada 29-31 Mei 1998 di Muntilan. Kemudian dalam tenggang waktu dua setengah bulan FMKI secara resmi dideklarasikan di Universitas Katolik Atmajaya Jakarta,   dalam Sarasehan Nasional 13-15 Agustus 1998, bertepatan dengan Hari Raya Maria Diangkat Ke Surga.

Visi FMKI yaitu “Terwujudnya masyarakat Indonesia yang menjunjung tinggi martabat manusia, demokratis, dan berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang adil dan beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, serta dengan mewujudkan suatu keadilan social bagi selluruh rakyat Indonesia. Sedangkan misi FMKI yakni mengembangkan spiritualitas dan etika social Kristiani menuju kehidupan politik, ekonomi, dan budaya yang bermoral dan demokratis. Sebagai rumah bersama ormas-ormas Katolik dan Aktivis kemasyarakatan FMKI bersifat akomodatif dalam hal: komunikasi, informasi, pemberdayaan, advokasi dan jaringan kerja yang bersifat pluricentris.

Untuk mensyukuri peristiwa besar ini, FMKI Jawa Tengah dan DIY, dalam reksa pastoral Keuskupan Agung Semarang, merencanakan kegiatan ulang tahun berupa Misa Syukur dan Sarasehan Kebangsaan, pada hari Sabtu 26 Agustus 2023, pukul 10.00-15.00.  Sarasehan bertema: “Masyarakat Katolik Menuju Indonesia Emas 2045, Sikap Kritis dalam Pemilu 2024”

Target peserta yang diundang perwakilan-perwakilan dari Ormas Katolik se Jateng dan DIY, FMKI Jateng dan DIY serta Kota/Kabupaten, tokoh gereja, pejabat pemerintah, tokoh dan aktivis sospolmas dllnya. Narasumber dalam konfirmasi:

1.       Joanes Joko, Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden RI : “Indonesia Emas 2045: Wacana Genuine Pemerintah dan Tantangan Konkritnya di tahun-tahun Menuju 2045: Peta Jalan yang Seyogyanya dibuat oleh masyarakat Katolik Indonesia”

2.       Hendrar Pribadi, Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jawa Pemerintah; “Langkah dan Kesiapan Negara Menuju Indonesia Emas 2045 dan Respons Ideal Masyarakat Indonesia”.

3.       Rama Paulus Christian Siswantoko, Pr, Sekretaris Eksekutif Konferensi Waligereja Indonesia : ”Terlibat dan Kritis dalam Pemilu 2024; Peta Jalan yang Selayaknya Dirancang oleh Masyarakat Katolik Indonesia menuju 2045”.


Panitia yang dipimpin oleh JCT. Taruno Sayoga sebagai ketua SC, Rama Y.Suyadi, Pr sebagai penasehat,  ketua OC  Alexandra Hersi Krisnawanti.

Posting Komentar untuk "25 Tahun Forum Masyarakat Katolik Indonesia"