80 Tahun Gerakan Focolare

Rama FX. Murdisusanta, Pr, memimpin Perayaan Ekaristi 80 Tahun Gerakan Focolare

Minggu 10 Desember 2023, bertempat di rumah Gandung Sukaryadi dilaksanakan perayaan Misa Kudus untuk mensyukuri 80 tahun Gerakan Focolare. Misa Kudus dipimpin oleh rama FX.Murdisusanta, Pr dari Paroki Kalasan yang aktif menjadi pendamping Gerakan Focolare di Yogyakarta. Gerakan Focolare lahir dari seorang gadis bernama Chiara Lubich, 80  tahun yang lalu di Torento Italia. Gerakan ini menebar benih kasih Injili untuk mewujudkan kesatuan universal di dunia. 

Gerakan Focolare sudah menyebar di lebih 180 negara, dengan kegiatan-kegiatan yang menunjang kebersamaan, persatuan dan persaudaraan lintas iman. Berupa-rupa pelayanan dilakukan antara lain membantu pelayanan sosial seperti bantuan bencana alam, sekolah dan dialog-dialog antar iman. Di Yogyakarta, Focolare datang pada saat gempa bumi di Yogyakarta 2006 yang lalu. Membantu memfasiltasi masyarakat dengan membangun pendapa-pendapa di Kabupaten Bantul. Sejak itu pula Focolare menetap dan berkarya di Yogyakarta. 

Rama FX.Murdisusanta, Pr meniup lilin ulang tahunnya

Indonesia menjadi daya tarik tersendiri bagi Gerakan Focolare ini, terbukti pimpinan tertinggi (Presiden Focolare) berkunjung pada bulan Mei 2023 ke Indonesia. Beliau mengunjungi Pondok Pesantren di Tangerang, Komunitas-komunitas katolik, Gereja Hati Kudus Ganjuran yang khas Jawa, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, dsb. Kecuali di Yogyakarta, Gerakan Focolare juga sudah ada di Medan, Jakarta dan Batam. 

Berfotoria bersama setelah Perayaan Ekaristi

Perayaan mensyukuri Gerakan Focolare ke - 80, cukup meriah karena ada Sabda Kihidupan, kolegamento (up date) berita-berita Gerekan Focolare dari belahan dunia, dan khusus hari ini diterimanya Presiden dan Wakil Presiden oleh Bapa Suci Paus Fransiskus, serta bersamaan dengan hari ulang tahun rama FX.Murdisusanta, Pr. Sabda Kehidupan bulan Desember 2023 ini kita diajak untuk bersukacita, berdoa dan bersyukur senantiasa. 

Posting Komentar untuk "80 Tahun Gerakan Focolare"