Bagaimana Memilih Pemimpin ?

Selamat pagi dan salam sejahtera

Ada tokoh, lembaga, ormas dan masih banyak yang menyampaikan kriteria-kriteria sebagai Presiden atau pemimpin masa depan Indodnesia. Kiranya baik kita himpun saja, yang sama dijadikan satu, yang lainnya dimunculkan. Menghimpun kriteria Presiden/Wakil Presiden penting untuk mendapatkan pemimpin yang diidamkan oleh rakyat. Kriteria-kriteria tersebut bisa menjadi pedoman kita memilih orang yang tepat.

Memilih calon pemimpina berdasarkan kecerdasan berfikir, kritis dan tidak terkontaminasi oleh pelitik uang dan bentuk-bentuk transaksional lainnya. Pemilu kita adalah LUBER dan JURDIL, artinya; a) .       Langsung, kita memilih langsung di dalam belik pemilihan, tidak ada orang tahu apa pilihan kita. b).      Umum, kita bebas menentukan, pemilu untuk semua saja yang mempunyai hak pilih dan sedang tidak dicabut hak pilihnya. c). Bebas, kita bebas menyalurkan hak-hak politik, tanpa tekanan dari kanan-kiri, ‘ewuh pekewuh’. Ini demi masa depan bangsa dan negara. d). Rahasia, tidak ada yang tahu. e). Jujur dan adil: kalau dalam penyelenggaraan pemilu ditengarai, ada hal-hal yang tidak jujur dan tidak adil bisa dilakukan tindakan-tindakan seperlunya.

Kiranya inilah yang bisa dihimpun dari tokoh-tokoh nasisonal kita, akan harapan pemimpin masa depan, untuk menjadi mencapai cita-cita Indonesia Emas dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia  

1.    Calon presiden harus menghormati jasa para pahlawan. Penghormatan terhadap jasa para pahlawan ini ditunjukkan lewat komitmen kuat untuk menjaga NKRI, Pancasila, UUD 1945 dan Bhineka Tunggal Ika.

2.     Calon presiden mempunyai sikap dan perilaku bijaksana. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan 

melanjutkan program dan kebijakan selama kepemimpinan sebelumnya serta memperbaikinya

3.  Calon presiden mestri mampu meminimalisir terjadinya segala keburukan, tidak ada alasan buat Indonesia untuk menjadi negara besar.

4.   Tidak melakukan korupsi, kolusi, nepotisme dan arogansi

5.    NKRI harus dipimpin oleh orang yang benar. Pemimpin yang benar dekat dengan rakyat, paham hatui rakyat, tahu kebutuhan rakyat dan bekerja keras untuk rakyat

6. Memperhatikan kesejahteraan Umum (memiliki keberpihakan dan kebijakan yang mampu meningkatkan kesejahteran Masyarakat serta pemenuhan atas hak-hak dasar warga negara

7.      Menghoramati kebhinekaan

8.      Memiliki integritas tinggi bagi kemajuan negara

9.     Mengutamakan kepentingan nasional di atas kepentingan pribadi, kelompok atau golongan

10. Memiliki rekam jejak yang terpuji,

11. Pemimpin yang mempunyai keberpihakan terhadap kaum kecil, lemah, tersingkir dan defabel

12. Pemimpin yang menjunjung tinggi martabat kemanusiaan dan menjaga keutuhan ciptaan

13. Menjalankan politik bebas dan aktif di luar negeri serta membawa nama bangsa Indonesia menjadi bangsa yang besar, berdaulat  dan berdiri sejajar dengan bangsa-bangsa lain.

Mari berbondong-bondong dengan gembira, kita rayakan pesta demokrasi.

Charitas et amor

 

Posting Komentar untuk "Bagaimana Memilih Pemimpin ?"