PG-TK YOS SUDARSO PURWAKARTA BERKARYA BERSAKSI

Anak-anak bersukaria berfoto bersama

Purwakarta, 9 Januari 2024. Lebih dari 100 anak dan orang orang tua dari PG TK Yos sudarso Purwakarta mengadakan Perayaan Natal  2024. Kepala Sekolah PG TK Yos Sudarso Kristin, S.Pd mengatakan Perayaan Natal 2024 diawali dengan Misa dipimpin oleh Romo Thomas Sunarto, Pr dihadiri Kepala Sekolah SMP Talenta, Kepala Sekolah PG TK Yos Sudarso dan para guru PG-TK Yos Sudarso. Beserta Kakak UPI yang dari berbagai agama. Perayaaan Natal dilaksanakan dengan meriah penampilan siswa siswi PG TK Yos Sudarso permainan angklung dan dari berbagai acara menghadirkan Sinterclas dan Pit Hitam dua. Pit Hitam adalah anak buah Sinterklas yang digambarkan oleh orang kulit putih berwajah hitam. Karakter ini pun sempat menimbulkan kontroversi karena dianggap mewakili tradisi kuno dan dinilai tidak peka terhadap budaya. Seperti dikutip History Daily, di wilayah yang dipengaruhi kolonialisme Belanda seperti Luksemburg, Belgia dan daerah lainnya.

Pit Hitam digambarkan sebagai seorang kulit hitam dari Spanyol yang membantu tugas Sinterklas. Peran dari Pit Hitam adalah membantu memberikan komik dan permen untuk anak-anak. Nama Pit Hitam mulai populer di tahun 1850 setelah guru dari Amsterdam bernama Jan Schenkman menerbitkan buku tentang Zwarte Piet. Sementara menurut referensi lainnya, para folklor menyamakan sosok Pit Hitam dengan legenda Krampus dan cerita Jermanik lainnya tentang setan yang ditangkap, dijinakkan dan dipaksa menjadi budak oleh Saint Nicholas.

Dalam versi lainnya. Sebelum karakter Pit Hitam muncul, Sinterklas bukan karakter yang ramah seperti sekarang ini. Dulunya, ia sering menakut-nakuti anak-anak agar berperilaku sesuai dengan aturan yang ketat dan hukuman yang keras. Intinya, Sinterklas adalah orang tua yang pemarah. Namun sejak kehadiran Pit Hitam, perilaku Sinterklas mulai berubah. Saat ini, baik Sinterklas maupun Pit Hitam dipandang sebagai jiwa yang lembut dan baik hati serta sering memberi. Penulis Yohanes Baptis Seksi Pendikkat

Posting Komentar untuk "PG-TK YOS SUDARSO PURWAKARTA BERKARYA BERSAKSI "